Pariwara
Edukasi

SMPN 17 Kendari Rayakan Sumpah Pemuda

Agus Setiawan/Kendari Pos
Siswa SMPN 17 Kendari meneriakan yel-yel di depan dewan juri pada gelaran pawai busana nusantara yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (29/10).

KENDARIPOS.CO.ID — Momen hari-hari besar nasional selalu diperingati dengan cara berbeda di SMPN 17 Kendari. Tak terkecuali perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober lalu. Sekolah dibawah asuhan Asmuddin, M.Pd., menggelar berbagai kegiatan, salah satunya pawai busana nusantara.

“Alhamdulillah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun, kami melaksanakan berbagai kegiatan dimana salah satunya yang paling menarik adalah pawai busana nusantra. Anak-anak kami sejak pagi sudah nembentuk defile atau barisan setelah itu melakukan pawai dilingkungan sekitar sekolah,” ungkap Plt Kepala Sekolah SMPN 17 Kendari, Asmuddin, S.Pd., M.Pd, Senin (29/10).

Lanjut dia, semua pelajar mengenakan pakaian adat masing-masing. Misal pakaian adat Tolaki, Muna, Buton, Bugis, Jawa dan pakaian adat lainnya. Mereka akan berjalan mengelilingi sekolah didampingi oleh wali kelas masing-masing dan selanjutnya mereka akan dinilai oleh dewan juri dari sekolah.

“Jadi ini semacam lomba. Pada saat pawai nanti mereka dituntut untuk memperlihatkan antraksi atau parade serta yel-yel di depan panggung penghormatan. Bagi pemenang tentunya akan mendapatkan hadiah dari sekolah,” tambah Asmuddin.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan agenda rutin yang menjadi ciri khas tersendiri di SMPN 17 Kendari. Menurutnya, untuk sekelas SMP mungkin hanya pihaknya yang menyelenggarakan kegiatan peringatan seperti ini.

“Dari tahin ke tahun kami selalu melaksanakan kegiatan ini dalam rangka mendekatkan para pelajar dengan nilai-nilai nasionalisme, kebangsaan dan kebhinekaan sehingga mereka juga bisa tahu apa itu sumpah pemuda dan mengerti sejarahnya,” terangnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini bisa tercipta individu yang memiliki integritas dan rasa nasionalisme yang bertumbuh secara berkelanjutan menjadi sebuah sikap positif sehingga bisa diterapkan pelajar baik di sekolah maupun di lingkungan dia berada.

“Walaupun mereka berada ditengah keberagaman, mereka tetap satu yakni anak-anak yang berkarakter, bermartabak, intelek dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi serta berintegritas,” ujar Guru Idola tahun 2015 itu.

Untuk diketahui, selain pawai busana nusantara, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, pihak SMP Negeri 17 Kendari juga menghelat beberapa kegiatan lomba yakni lomba seni, lomba membaca ikrar sumpah pemuda antarkelas serta lomba kebersihan dan penataan kelas. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top