Pariwara
Konawe

Pemkab Konawe Fokus Berantas TBC

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
TBC : Pemkab Konawe bersama Aisyiyah saat membahas masalah pemberantasan penyakit TBC di aula Inowa, senin (29/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Memastikan masyarakat di Konawe memperoleh layanan kesehatan, menjadi tugas dan tanggung jawab kepala daerah. Berbagai upaya telah dilakukan termasuk membuat kartu sehat Konawe (KSK). Tak cukup, pemerintah kabupaten (Pemkab) kini menggandeng Aisyiyah, untuk memberantas penyakit menular tuberkulosis (TBC). Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara mengungkapkan, pihaknya, telah menjalin kerja sama dengan lembaga Aisyiyah untuk mencegah dan memberantas TBC.

Pasalnya, penyakit tersebut sangat berbahaya, utamanya di kalangan masyarakat menengah ke bawah. “Program penanggulangan TBC oleh Aisyiyah di Konawe diharapkan bisa bersinergi dengan visi misi kami, dalam program kesehatan. Nanti boleh disinergikan dengan program di Dinas Kesehatan untuk masuk di RPJMD,” ungkap Gusli, Senin (29/10).

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menyebutkan, data dari Dinas Kesehatan mencatat ada 3.381 orang pengidap TBC di daerah tersebut. Ia berharap, data tersebut bisa dicocokan dengan temuan Aisyiyah. “Kami inginkan ke depannya tidak ada lagi masyarakat yang terjangkit TBC. Apalagi kita sudah bekerja sama dengan lembaga yang berpengalaman menghadapi penyakit ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Daerah Aisyiyah Konawe, Mufarakah, menjabarkan, sejak tahun 2010 hingga September 2018, pihaknya telah mendata 10.973 pasien diduga menderita TBC. Dari jumlah itu, 1.413 orang dinyatakan positif menderita penyakit mematikan itu. “Alhamdulillah, sejak 2010 juga sudah ada 1.136 penderita yang kami tangani yang dinyatakan sembuh. Walaupun ada 18 lainnya yang sudah tidak bisa kami selamatkan, dan meninggal dunia. Maka ke depannya, kita harus cepat menangani TBC, supaya tidak ada yang meninggal karena penyakit itu,” tandas Mufarakah. (c/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top