Pariwara
Kolaka Utara

PA Kolut Mulai Beroperasi

MUHAMMAD RUSLI KENDARI POS
PENGADILAN : Kepala Pengadilan Tinggi Agama Sultra, H. Muslimin Simar ketika melantik Mihdar, MH sebagai Ketua PA Kelas II Lasusua, di Islamic Centre Masjid Agung Bahru Rasyad wal Ijtihaj.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengadilan Agama (PA) Lasusua di Kolaka Utara (Kolut) resmi hadir di otorita tersebut. Kepala Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muslimin Simar melantik Mihdar, MH selaku Ketua PA Kelas II Lasusua, Senin (29/10) di Aula Islamic Centre Masjid Agung Bahru Rasyad wal Ijtihaj. Penunjukan Mihdar selaku pimpinan PA Lasusua sesuai surat keputusan Mahkamah Agung (MA) RI yang dibacakan Sekretaris PN Kolaka, Maemunah.

Wabup Kolut, H. Abbas mewakili Bupati, H. Nur Rahman Umar mengucapkan selamat karena instansi tersebut telah hadir di wilayahnya dan dapat mempermudah urusan warga yang selama ini harus ke Kolaka. Sebagai catatan bagi Ketua PA Lasusua, sesuai data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, masih ada 15 persen anak di Kolut yang belum mendapatkan akta kelahiran. “Ini karena orang tuanya belum mengantongi akta nikah. Ini sangat urgen,” ungkap Abbas.

Kendalanya, karena selama ini warga Kolut harus mengurus administrasi tersebut ke Kolaka yang dari segi waktu dan jarak tempuh menyulitkan mereka. Atas dasar inilah, sebelumnya Pemkab melalui Disdikcapil Kolut menyiapkan anggaran agar warganya bisa melangsungkan isbat nikah. Namun, setelah dilakukan audit laporan keuangan kegiatan itu dianggap bukan kewenangan Pemkab. Makanya anggaran tak disiapkan lagi.

Sementara itu, H. Muslimin Simar mengucapkan apresiasi pada Pemkab Kolut yang selama ini aktif memfasilitasi terbentuknya PA Lasusua. Sanjungan itu dilontarkan Muslimin karena Pemkab telah memfasilitasi pihaknya mulai dari proses perencanaan, bantuan gedung sementara dan lokasi pembangunan kantor yang permanen berikut fasilitasnya.

Saat ini, Pengadilan Agama (PA) di wilayah hukum PTA Sultra sudah berjumlah 10 satuan kerja sejak berdiri 1995 silam. PN Lasusua sendiri didirikan sesuai Kepres nomor 13 tertanggal 26 April 2016. “Besok (hari ini) PA Lasusua resmi beroperasi. Wujudkan asas peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan,” tandasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top