Pariwara
Konawe Utara

Musim Kemarau, Konut Mulai Dilanda Kekeringan

Warga Desa Matapila di Kecamatan Lasolo, Konawe Utara, mulai memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga, sebagai bias dari kemarau panjang. Foto: Helmin Tosuki/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Musim kemarau sejak Agustus hingga saat ini membuat sejumlah desa dan kecamatan yang ada di Konut mulai mengalami kekeringan. Pasokan air bersih dari sumber-sumber yang ada mulai menipis. Seperti di Desa Matapila, Kecamatan Lasolo. Warga kini mulai memanfaatkan air sungai kecil di wilayah itu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik untuk konsumsi, mandi hingga mencuci pakaian.

Pemandangan warga mulai berbondong-bondong mendatangi sungai kecil itu untuk memanfaatkan air seadanya terlihat sejak pagi hingga sore hari. “Sudah beberapa bulan terakhir kita manfaatkan air sungai ini untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Baik untuk kegiatan mencuci, mandi maupun untuk konsumsi rumah tangga,” ujar Hasrun, warga Desa Matapila Kecamatan Lasolo, Minggu (28/10).

Kekeringan yang melanda sebagian wilayah tak hanya dirasakan masyarakat Desa Matapila. Melainkan beberapa desa di Konut juga turut merasakan kekeringan. Seperti di Kecamatan Motui. “Yang sudah melaporkan pada BPBD untuk kekeringan air bersih telah ada beberapa desa. Yakni Desa Banggina, Matandahi, Poni-Poniki, Bende, Sambasule dan beberapa desa di Kecamatan Motui,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut, Djasmidin, Minggu (28/10).

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top