Pariwara
Wakatobi

Potensi Wisata Desa di Wakatobi Harus Ditingkatkan

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Keinginan Bupati Wakatobi, H. Arhawi untuk meningkatkan potensi yang dimiliki desa, bukan hanya wacana belaka. Ia meyakini jika desa-desa di Wakatobi banyak memiliki sumber daya yang bisa dioptimalkan sehingga menghasilkan pundi-pundi uang. Untuk mewujudkan hal itu, ia telah meminta pada Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi hingga para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terlibat secara langsung.

Wakatobi-1 ini menyatakan akan menggarap potensi wisata di desa-desa lebih maksimal lagi. Bila perlu, jika belum mampu dibiayai melalui anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), maka tidak menutup kemungkinan bisa direalisasikan melalui APBD Wakatobi. Asal ada koordinasi yang baik antara pihak desa, Sekab hingga para Kepala OPD. Ketua KONI Wakatobi tersebut mengakui, selama ini banyak kegiatan yang dilakukan Pemkab hingga dari luar daerah dihelat di gedung atau di aula hotel. Sehingga yang menikmati keuntungan hanya pemilik hotel atau gedung saja.

“Saya meminta kepada Pak Sekab dan para kepala OPD tolong anggarkan untuk desa. Misalnya membangun sesuatu atau optimalkan potensi di desa yang bisa berdampak positif pada perekonomian warga,” ungkapnya. Khususnya bagi desa dengan potensi wisata yang mampu menarik perhatian pengunjung jika berkunjung ke Wakatobi. “Tapi ingat. Jika sudah dianggarkan maka harus ditangani dengan baik. Fokus dan kita harus tuntaskan kegiatan tersebut,” harap Arhawi. Ia menambahkan jika telah tercipta koordinasi yang baik antara pihak desa dan kepala OPD maka hal tersebut bisa dengan mudah terwujud. Sehingga potensi yang ada desa bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Suami Hj. Safaria Arhawi meminta pada pihak terkait agar memperhatikan arahan tersebut. Potensi desa-desa harus ditingkatkan dan dioptimalkan lagi. Ia menginginkan, masyarakatnya tidak hanya menjadi penonton, tetapi punya andil di daerahnya sendiri. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top