Pariwara
Konawe Utara

Pemkab Konut Hapus Dana Talangan Kelapa Sawit

Suleman

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Perkebunan yang menyuarakan agar dana talangan replanting kelapa sawit yang rencana akan dibebankan pada petani di eks PTPN, membuahkan kesepakatan. Hasilnya, dana talangan dalam peremajaan kelapa sawit yang dibebankan pada petani sebesar Rp 35 juta, akhirnya disepakati dihaups. Itu terungkap saat rapat koordinasi terpadu dengam tim peremajaan kelapa sawit Kementan RI, Dinas Perkebunan Konut dan Dinas Perkebunan Sultra.

“Ada regulasi yang tidak memungkinkan jika dana talangan dibebankan pada petani perkebunan kelapa sawit. Alhamndulillah, dana hibah saja yang disepakati akan diberikan pada petani sebesar Rp 25 juta tiap hektare. Untuk dana talangan, sudah ditiadakan,” papar Kepala Dinas Perkebunan Konut, Suleman K, Kamis (25/10). Makanya, petani plasma dibantu pihak Dinas Perkebunan Konut menyiapkan segala persyaratan administrasi terkait kepemilikan lahan perkebunan kelapa sawit untuk selanjutnya diteruskan pada Kementan RI melalui Dirjen Perkebunan.

“Dana hibah rencananya akan direalisasikan pada awal Januari 2019. Makaya kita diberi arahan untuk menyiapkan seluruh kelengkapan administrasi petani, mulai dari KTP, kartu keluarga, maupun sertifikat tanah serta dokumen administrasi pendukung lainnya,” urai Suleman. Ia menambahkan rencana peremajaan (replanting) kelapa sawit di eks lahan PTPN seluas 2.500 hektare yang akan dikelola langsung oleh petani perkebunan kelapa sawit. Apalagi pemerintah pusat sudah menyiapkan dana tiap hektarenya melalui dana hibah yang akan digelontorkan pada petani.

“Yang jelas, pemerintah (Kementan) membantu kita Rp 25 juta. Untuk kelanjutannya, petani yang akan membiayai mulai dari pemeliharaan, penanaman pertama sampai ketiga hingga panen. Tentunya Pemkab juga tak akan lepas tangan, walaupun bagaimana mereka adalah petani kita. Tetap kita bantu melalui APBD,” janjinya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top