Pariwara
Konawe

Pemkab Konawe Datangkan Tim Ahli

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
RPJMD : Rapat koordinasi tim kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dalam penyusunan RJMD 2018-2023 Kabupaten Konawe, di aula Inowa, kamis (25/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Semangat baru, setelah dilantik menjadi pemimpin Konawe, diperlihatkan Bupati, Kery Saiful Konggoasa dan Wakilnya, Gusli Topan Sabara. Mereka mencoba menunjukan keseriusan membangun dan mewujudkan Konawe yang maju dan mandiri hingga tahun 2023 mendatang. Langkah awal dimulai dari penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendatangkan tim ahli dari Universitas Halu Oleo (UHO) dalam membantu menyusun perencanaan dan menganalisis potensi di daerah lumbung beras.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara sebelum membuka rapat koordinasi tim penyusun kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) RPJMD, mengungkapkan, pihaknya meminta bantuan beberapa akademisi untuk membantu kerja SKPD, sehingga rencana dan program kerja masing-masing instansi, bisa sejalan dengan visi misi kepala daerah. “Jadi, dalam penganggaran nanti, tidak ada yang asal-asalan, karena tujuan kita pada tahun 2019 ini adalah membangun pondasi. Artinya kita hanya butuh pasir, batu dan semen, jangan lagi ada yang usulkan kaca, cat atau papannya. Fokus dulu membangun pondasi. Itu ilustrasinya supaya kita tetap berada di jalur yang sama,” terangnya, Kamis (25/10).

Sementara itu, Tim Ahli Bidang Sosial Ekonomi, Lukman Yunus, menjelaskan, rapat koordinasi KLHS itu penting sebelum mulai mengerjakan RPJMD. “KLHS adalah serangkaian analis yang sistematis menyeluruh dan partisipatif, untuk memastikan kaidah pembangunan berkelanjutan. Sesuai kebijakan visi misi dan terimplementasi dalam bentuk rencana atau program kerja. KLHS ini rambu untuk membuat RPJMD, sehingga program itu searah dan terintegrasi dengan visi misi bupati,” jelasnya.

Menurut Lukman Yunus, saat ini Konawe belum maju, tapi sudah cukup mandiri. Makanya tujuan visi misi bupati, menjadikan daerah tersebut maju dan mandiri hingga tahun 2023. Ia berharap semua SKPD bisa memanfaatkan sumber daya alam, karena Konawe sangat kaya keanekaragaman hayati. “Kita juga memanfaatkan sumber daya alam saat ini yang tidak mengorbankan kepentingan generasi mendatang. Makanya, kita akan analisis dan tuangkan dalam RPJMD,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tim tenaga ahli kajian lingkungan hidup strategis merupakan akademisi UHO, yang didatangkan oleh Pemkab dari berbagai sektor, diantaranya Lukman Yunus di bidang sosial ekonomi, Sarlan Adijaya pada bidang sosial budaya, Nasruddin untuk bidang lingkungan, dan Budianto di bidang pertanian. (c/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top