Pariwara
Konawe Selatan

Konsel-Kanada Kerja Sama Kembangkan Ternak Sapi

KAMALUDDIN/KENDARI POS
MOU : Penandatanganan nota kesepahaman pembangunan usaha peternakan sapi yang terintegrasi dengan pertanian oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri) bersama Perwakilan Pemerintah Kanada melalui Direktur Proyek NSLIC-NSELERD, Rino A. Sa’danoer dan turut melibatkan Rektor UHO, Prof. Zamrun (ketiga dari kiri).

KENDARIPOS.CO.ID — Program peternakan sapi yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu yang turut bekerja sama adalah Pemerintah Kanada melalui Proyek National Support For Local Investment Climates (NSLIC)/National Support For Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED). Kerja sama yang dibangun tersebut adalah peningkatan peternakan sapi yang terintegrasi.

Wujud dukungan tersebut dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman pembangunan usaha peternakan sapi yang terintegrasi dengan pertanian tahun 2018 oleh Bupati Konsel H Surunuddin Dangga dengan Perwakilan Pemerintah Kanada melalui Direktur Proyek NSLIC-NSELERD, Rino A. Sa’danoer, Kamis (25/10). Dalam kesempatan tersebut, Rino menyampaikan, pihaknya mendorong Pemkab untuk menciptakan suatu program atau prototipe yang nantinya akan diproduksi massal sesuai potensi wilayah. Contohnya peternakan sapi di Konsel. Pihaknya siap menerima masukan dan kritik sebagai bahan penyusunan kerja ke depan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Sarifuddin Safaa mewakili Gubernur, Ali Mazi, berterima kasih pada NSILC karena telah menjadikan daerah ini sebagai tujuan pengembangan proyek yang sekaligus mendukung program Pemprov, Pemkot dan Pemkab dalam peningkatan kesejahteraan rakyat. Sementara itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menjelaskan, pengembangan peternakan sapi memang sejalan dengan visi misi Pemkab yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Konsel tahun 2016-2021.

“Tentunya untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal dan daerah yang berkelanjutan dengan tetap menjaga kualitas lingkungan hidup,” papar Surunuddin. Ia berharap, dalam pelaksanaan proyek NSLIC dapat diselenggarakan secara terintegrasi sehingga menjadi event strategis dan tidak terbatas pada pendampingan untuk mengembangkan jaringan pasar bagi produk-produk lokal Konsel. Dalam seremoni penandatanganan kerja sama itu, turut disaksikan Senior Staf Direktorat Pakan pada Kementan RI, Trimastuti Andajani, Analisis Pemerintahan Direktorat Kerja Sama dan Pengembangan Kapasitas Kemendes, Muh. Fauzani Taufik, Tenaga Ahli Pengembangan Wilayah Bappenas, Dimas Widiyanto, termasuk Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Zamrun hingga Kepala Bappeda Sultra, Robert dan Kepala Bappeda Konsel, Saala. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top