Pariwara
Bombana

Ekonomi Kabaena Meningkat Selama HUT Bombana

Abdul Hajar Aswad

KENDARIPOS.CO.ID — Perekonomian masyarakat di Pulau Kabaena terus mengalami peningkatan selama rangkaian HUT ke-15 Kabupaten Bombana digelar di Desa Lengora, Kecamatan Kabaena Tengah. Sejak dimulainya kegiatan pada 17 Oktober hingga tanggal 23 lalu, nilai transaksi keuangan mencapai Rp 1 miliar lebih. Klaim tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindakop Bombana, Abdul Hajar Aswad. Ia mengatakan, dalam rangkaian kegiatan Porseni dan kegiatan Festival Budaya di Desa Tangkeno, perputaran ekonomi di Pulau Kabaena mencapai nominal tersebut. “Sejak awal perhelatan kegiatan di Kabaena, kami telah memprediksi dan melakukan survey awal atas kehadiran 22 kontingen dari seluruh kecamatan. Hasilnya, dari belanja pengunjung dan peserta dari tiap kecamatan mampu mencapai Rp 100 juta hingga hampir Rp 200 juta tiap hari,” katanya.

Ia mengakui pelaksanaan HUT Bombana membawa dampak positif bagi perputaran ekonomi masyarakat di pulau itu. “Hitungannya bisa kita rinci. Belum belanja 60 sampai 70 peserta dari tiap kecamatan perhari. Mulai dari makan siang, makan malam, peralatan mandi, bahkan pengunjung yang memadati lapangan pun turut menjadi penopang karena belanja yang ada seperti BBM, rokok, makanan dan sebagainya,” urainya.

Selain kegiatan Porseni, tambah Hajar Aswad, kegiatan Festival Budaya di Tangkeno juga memberi keuntungan bagi para pedagang. Meski hanya digelar saat malam selama tiga hari, namun secara tidak langsung pengunjung sudah pasti berbelanja dalam momen tersebut. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top