Pariwara
Bombana

Warga Kabaena di Bombana Butuh Armada Feri

H. Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Bombana khususnya yang berdomisili di Kepulauan Kabaena, masih sulit mendapatkan pelayanan transportasi laut. Sampai kini belum ada fasilitas penyeberangan dengan armada feri yang melayani rute Bombana dan Pulau Kabaena. Padahal, Bombana memiliki infrastruktur dermaga atau pelabuhan yang seharusnya dapat disandari feri. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bombana, H. Tafdil.

Ia mengakui, armada transportasi laut yang menunjang aktivitas warganya di Kepulauan Kabaena, masih sangatlah minim. Selama ini hanya kapal kayu yang hilir mudik mengantar masyarakat Kabaena ke Kasipute sebagai sentra aktivitas pemerintahan. Satu tahun terakhir ini, Kementerian Perhubungan memang telah menambah kapal cepat Superjet Cantika. “Namun itu juga masih belum memadai. Karena kapasitasnya sangat terbatas,” kata Tafdil.

Bupati dua periode itu menyebut, masyarakat sangat membutuhkan armada kapal feri yang standby di Pelabuhan Kasipute dan Sikeli di Kabaena. “Memang kapal feri juga sandar di Kasipute dan Sikeli. Namun hanya persinggahan saja dari Pelabuhan Baubau. Harapan kami, ada juga kapal feri khusus yang standby di Bombana,” pintanya. Tafdil mengaku, pihaknya sudah mengajukan permohonan pengadaan kapal penyeberangan tersebut ke Kementerian Perhubungan. Apalagi fasilitas pelabuhan yang ada di daerahnya cukup layak. “Kalau mau dipikir, masa ada pelabuhan, tidak ada kapalnya. Seharusnya kalau kementerian sudah bangun pelabuhan feri, kapalnya juga harus ada khusus di pelabuhan itu. Sebab akan sangat bermanfaat bagi kami masyarakat Bombana khususnya Kabaena,” tandasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top