Pariwara
Konawe

Tak Mampu Bangun Konawe, Gusli Siap Mundur

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
BERSUMPAH : Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara dalam acara forum konsultasi publik RPJMD. Pada acara tersebut ia melontarkan sumpah untuk mundur jika tak mampu memajukan daerah pada periode kerjanya.

KENDARIPOS.CO.ID — Suasana kegiatan forum konsultasi publik konsep awal rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Konawe tahun 2018-2023, di Pendopo Setkab, Rabu (24/10), memberi warna lain. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati, Gusli Topan Sabara, tiba-tiba menyampaikan sumpahnya di hadapan seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan undangan yang hadir. Ia siap mundur dari dunia politik jika tak mampu membangun Konawe hingga akhir masa jabatannya kelak.

Konawe-2 itu menyampaikan janjinya dengan suara lantang. Ia meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk berjalan bersama membangun daerah. “Momentum untuk membangun tanah kerinduan, tanah para leluhur ini hanya datang 500 tahun sekali, dan sekarang adalah kesempatan yang kedua setelah 500 tahun,” pendapatnya. Ia menceritakan kecerdasan pada masa kerajaan, saat Konawe dibagi menjadi empat wilayah, sehingga pemimpin saat itu mampu mengembangkan dan mengontrol wilayahnya.

“Para leluhur membagi Konawe dalam empat wilayah, dan saya anggap mereka cerdas, karena waktu itu Konawe sangat luas. Konsep leluruh ini kita adopsi dengan program Gerbang. Wilayah timur kita fokus pada sektor perikanan, di barat pariwisata dan pertanian, lalu di selatan fokus peternakan dan perikanan darat, serta utara menjadi sentra industri perniagaan, pusat pelayanan publik yang nyaman, ramah, lingkungan layak huni, pusat pemerintahan,” papar Gusli Topan Sabara.

Untuk itu, ia meminta semua SKPD membuat RPJMD sesuai visi misi, dan melakukan presentasi di hadapan bupati. “Tahun pertama kita membangun pondasi. Ilustrasinya, untuk membangun itu dibutuhkan batu, pasir, semen. Jangan ada yang beli cat atau kaca, karena kita fokus buat pondasi dulu. Jadi, setiap tahun kita anggarkan hal yang berbeda tapi tetap sesuai RPJMD, semua secara bertahap,” jelasnya.

Dia berharap, semua bekerja dengan baik dan terus melakukan terobosan yang sejalan dengan RPJMD dan visi misi. “Sekarang kita harus melangkah jauh. Kita mau lihat siapa, kerjanya apa. Bukan siapa yang paling cepat melapor pada kepala daerah. Karena kita ingin lihat kinerja untuk daerah, bukan ke kepala daerah. Maka, semua harus memahami secara mudah visi misi kami dan tahu apa yang harus dibangun dari berbagai sektor,” tandasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top