Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Usul Rp 200 Juta untuk WHDI

Syamsul Bahri

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) mengajukan usulan bantuan dana Rp 200 juta bagi kelompok Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Karengkareng. Usulan anggaran tersebut telah dimasukan melalui pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2018 melalui instansi teknis, Dinas Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, Syamsul Bahri, menjelaskan, pertumbuhan usaha yang dijalankan kaum wanita di wilayah tersebut masih belum maksimal. Dibutuhkan dukungan langsung serta peran aktif pemerintah untuk memotivasi masyarakat untuk berwirausaha. “Makanya, melalui kelompok WHDI kita coba membangkitkan minat warga menjadi pelaku ekonomi. Kita ajukan anggaran Rp 200 juta melalui APBD-P untuk bantuan biaya pembangunan kios di wilayah tersebut,” ujar Syamsul Bahri saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/10).

Usulan bantuan tersebut diakui mendapat respon dan telah disepakati masuk dalam APBD-P oleh DPRD Kota Baubau. Pihaknya mulai melakukan persiapan rancangan bangunan menggunakan jasa konsultan. “Untuk luas bangunannya saya belum tahu pasti, karena saat ini desainnya sementara dikerjakan. Tetapi untuk bentuk akan kita buat memajang seperti bangunan sekolah. Kemudian kita sekat untuk ditempati masing-masing anggota WHDI nanti,” terangnya.

Berapa anggota kelompok yang akan mendapat tempat usaha, pihaknya juga belum tahu. Yang pasti semua akan disesuaikan dengan kondisi gedung. Mantan Kepala Dinas Pol PP Kota Baubau itu menambahkan, untuk lokasi tempat pembangunan gedung pihaknya telah melakukan pemantauan. Tempatnya cukup strategis, karena berada di jalan poros yang menghubungkan Kota Baubau dan Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton. “Kemudian saat operasionalnya nanti, masyarakat hanya perlu membayar biaya retribusi ke Pemkot melalui instansi yang mengelola pendapatan daerah,” pungkas Syamsul Bahri. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top