Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Tingkatkan SDM Pelaku Usaha Wisata

KAMALUDDIN/KENDARI POS
WISATA : Kegiatan pelatihan peningkatan sumber daya manusia para pelaku industri pariwisata di Konawe Selatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kapasitas usaha masyarakat pada bidang pariwisata sedang ditingkatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Menggandeng Kementerian Pariwisata, pihak Pemkab menggelar pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku usaha wisata. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Konsel, Subair, berharap, masyarakat yang selama ini konsen pada sektor pariwisata dapat memperlihatkan warna lain pada destinasi yang dikelolanya.

“Jadi sesuai arahan kementerian, dalam mengembangkan usaha wisata ini tidak hanya fisik tapi juga dibarengi dengan pelatihan dan penguatan SDM. Intinya pelatihan ini untuk mengubah pola pikir masyarakat yang ada di destinasi wisata agar membuka lapangan kerja baru. Misalnya membuka home stay dan ruang ganti. Itu bisa menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan itu sendiri sebagai upaya untuk mendukung Desa Maju Konsel Hebat. Peserta yang dilibatkan adalah 35 pengelola home stay, kemudian lima dari Desa wisata di Namu, Tatangge, Sumber Sari, Potuho Jaya dan Torobulu. Sementara itu, Deputi Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hidayat, mengungkapkan, pihaknya memang mengkhususkan pengembangan SDM. “Jadi ini kita lakukan secara simultan di beberapa daerah. Sesuai kebijakan kementerian, ada 20 destinasi baru yang jadi prioritas. Salah satunya adalah Wakatobi. Olehnya itu harus ada daerah penyangga. Kami pilih daerah Konsel sebagai penyangga untuk wilayah prioritas ini, ” jelasnya. Hidayat berharap para pelaku industri pariwisata yang ada di Konsel bisa memajukan kawasan dan mengembangkan daerah potensi. (c/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top