Pariwara
Kolaka Timur

Bulog Siap Tampung Padi Koltim

KUSDIN/KENDARI POS
BULOG : Pose bersama usai peresmian kantor dan gudang Bulog Koltim yang dilakukan Bupati, H. Tony Herbiansyah (keempat dari kiri) dan dihadiri langsung Kepala Divre Bulog Sultra, Kusmiawan (tengah), rabu (24/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Gudang berkapasitas 2.000 ton yang juga sekaligus menjadi kompleks perkantoran Bulog di Desa Tawainalu, Kecamatan Tirawuta, Kolaka Timur (Koltim) akhirnya tuntas dikerjakan. Rabu (24/10), Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, meresmikan fasilitas tersebut. Kini para petani tak perlu lagi menjual hasil produksi pertanian mereka ke luar daerah. Cukup datang di gudang Bulog Koltim dan mendapatkan tawaran harga sesuai standar yang ditentukan BUMN tersebut.

Kepala Divre Bulog Sultra, Kusmiawan, mengatakan, konstruksi gudang Bulog yang berskala modern pertama di Sultra tersebut dikerjakan selama delapan bulan. Menurutnya, untuk wilayah Sultra gudang Bulog Koltim adalah yang ke-14. Perkembangan Bulog cukup signifikan karena dukungan pemerintah daerah. Apalagi Pemkab telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

“Kami target dapat menampung 35.000 ton produksi pertanian Sultra. Saat ini baru 32.000 ton yang dicapai. Insya Allah kami akan menampung produksi padi Koltim dan komoditas lainnya,” jelas Kusmiawan. Di tempat yang sama, Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, bersyukur atas tuntasnya pembangunan gudang dan perkantoran Bulog. Ia berharap, kehadiran Bulog dapat membantu petani. Apalagi Pemkab Koltim memiliki visi dan misi agrobisnis berdaya saing. Selain itu, kehadiran Bulog di daerah bisa memutus praktik calo yang selama ini “merusak” harga di kalangan petani.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini mengklaim, hasil panen petani Koltim selalu surplus setiap tahun. Apalagi jika Bendung Mokoseu telah selesai, termasuk waduk Ladongi. Tentunya, perluasan area persawahan di Koltim dapat semakin ditingkatkan. “Pada tahun 2019 ada penambahan 1.100 hektare areal sawah di Kecamatan Uesi. Kita harapkan hadirnya Bulog bisa membantu petani,” tandasnya. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top