Pariwara
Konawe Kepulauan

Kuota Jamkesda di Konkep Masih Tersisa 2.000

Muh. Rustam Arifin

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tak perlu ragu jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Program Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhamad Lutfi yang menjamin 100 persen biaya kesehatan warganya, terus direalisasikan. Meski pengurusannya sempat terhenti akibat anggaran yang terbatas untuk mendapatkan kartu jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), namun tak menyurutkan semangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk terus menuntaskan janjinya.

Kini, masih tersisa 2.000 kuota kartu Jamkesda yang akan disalurkan pada masyarakat pada tahun 2018 ini. Itu diketahui setelah Kepala Dinas (Kadis) Sosial Konkep, Muh. Rustam Arifin, melakukan konsultasi ke pimpinan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Dinas Kesehatan serta Badan Keuangan Daerah (BKD). Muh. Rustam Arifin, mengatakan, masih ada alokasi anggaran untuk masyarakat yang belum mendapatkan kartu Jamkesda diakhir tahun 2018 ini.

“Ternyata masih ada 2.000 kuota Jamkesda untuk masyarakat. Saya juga belum tahu pasti berapa anggaran yang disiapkan untuk jumlah tersebut,” kata Muh. Rustam Arifin, di ruang kerjanya, Selasa (23/10). Ia menjelaskan, target Bupati Konkep, H. Amrullah yang memberikan jaminan kesehatan gratis pada warga bisa tercapai jika masyarakat di daerah itu proaktif dalam mengurus kartu Jamkesda.

“Kalau dana tidak ada masalah. Dinkes Konkep siap membiayai masyarakat yang belum memiliki kartu Jamkesda. Kalau Dinsos, hanya mendata, anggarannya ada di Dinkes,” jelasnya. Sejak tahun 2017 lalu sampai kini, warga di Pulau Wawonii yang sudah mendapatkan klaim kesehatan mencapai 5.206 orang. Sedangkan yang ditanggung melalui APBN sebanyak 26.668 dan APBD provinsi 2.449 jiwa. “Yang mengurus untuk bulan ini sudah ada 600 jiwa. Kami berharap, masyarakat bisa proaktif dalam mengurus kartu Jamkesda. Karena masih tersisa 2.000 kuota disisa dua bulan terakhir tahun 2018 ini,” tandasnya. (c/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top