Space Iklan
Pariwara
Konawe

Cegah Stroke dan Diabetes, Komunitas Sehat KenKo No Kai Ajak Warga Konawe Hidup Sehat

Suasana seminar yang dilaksanakan komunitas sehat KenKo No Kai di Konawe. 

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti seminar talkshow diabetes melitus dan stroke sebagai penyebab utama kecacatan di Indonesia. Acara tersebut berlangsung di Gedung STQ Unaaha, Senin (22/10/2018)

Seminar yang dilaksanakan komunitas sehat KenKo No Kai PT Cipta Indonesia Sehat ini menghadirkan pembicara Kabid Yankes Dinas Kesehatan Konawe M. Arsyad Yongen. SKM. M.Kes. “Kita ingin mengajak masyarakat di Konawe untuk hidup sehat,” kata Manager PT Bahtera Nusantara Mandiri Kenko No Kai, Junairi Amd. Kep melalui rilis yang diterima Kendari Pos.

Junairi menjelaskan, menurut badan kesehatan dunia world health organitation (WHO), Indonesia menempati urutan ke empat terbanyak penderita diabetes di dunia. Penyakit diabetes disebabkan berbagai faktor diantaranya faktor genetic dan gaya hidup modern seperti mengonsumsi makanan berlemak, kurang istirahat, stress dengan istilah 3 P, polidipsi (banyak minum), polifagi (banyak makan), poliuni (banyak kencing).

“Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi seperti jantung, stroke ,gagal ginjal dan lainnya, ” bebernya.

Berdasarkan hasil penelitian di Amerika, lanjut dia, setiap 19 menit ada satu orang di dunia terkena stroke akibat komplikasi diabetes dan setiap 12 menit ada satu orang di dunia terkena serangan jantung akibat komplikasi diabetes. Makanya untuk mencegah penyakit ini harus menjaga asupan makanan dengan memperbanyak sayur dan buah, menjaga berat badan ideal dan melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan metabolisme. “Kita juga harud menghindari stress yang berlebihan dan memperbanyak minum air putih,” terangnya.

Foto bersama Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan (ketiga dari kiri) bersama Manager PT Bahtera Nusantara Mandiri Kenko No Kai, Junairi Amd. Kep (tengah) dan tamu undangan lainnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, ST.MM saat membuka seminar dan pameran menuturkan, pemerintah daerah Konawe sangat mengapresiasi kegiatan seminar diabetes melitus dan stroke sebagai penyebab utama kecacatan di Indonesia,  yang diselenggarakan oleh komunitas sehat KenKo No Kai. Gusli berharap dengan diselenggarakannya seminar ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. “Meski banyak duit kalau tidak sehat tentu tidak bermanfaat duit yang kita miliki,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut turut hadir Kabag Kesra Konawe Drs H. M. Idris, Kabag Humas dan Protokol, Drs H. Harianto Wahab, perwakilan instansi, sekolah, tokoh agama, ketua lansia dan perwakilan kelurahan. Acara juga akan dilanjutkan dengan pameran kesehatan yang akan ditandai dengan grand opening Rabu(24/10/2018), di Gedung STQ Unaaha. (imn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top