Pariwara
Buton

BPN Buton Terbitkan 3.000 Sertifikat

La Ariki

KENDARIPOS.CO.ID — Sekitar 3.000 sertifikat tanah warga di Buton diterbitkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat. Angka itu belum mencukupi target 4.250 bidang lahan yang akan disertifikatkan melalui program pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) secara gratis pada tahun 2018 ini.  Kepala BPN Buton, La Ariki, menegaskan, pihaknya telah melakukan pengukuran seluruh bidang tanah sesuai target dan tinggal menyelesaikan administrasi, seperti pembuatan peta. “Termasuk bagaimana landasan yuridisnya,” ujar La Ariki, Selasa (23/10).

Menurutnya, kendala belum tercapainya target tersebut karena terbatasanya sumber daya manusia dan kurangnya jumlah pegawai BPN Buton. “Selain itu belum maksimalnya jaringan internet. Sehingga kami harus berpindah tempat untuk mengupload laporan tersebut ke Badan Pertanahan Nasional,” jelasnya. Tidak hanya itu, kurangnya antusias masyarakat juga jadi penghambat penerbitan sertifikat. Sebab mayoritas warga masih menganggap sertifikat tanah belum penting bagi mereka. Padahal selain memiliki legalitas, sertifikat juga bernilai ekonomis.

“Kita minta saja fotokopi KK dan KTP, kadang masyarakat tidak mau kasih. Padahal itu sebagai salah satu syarat pembuatan sertifikat,” ungkap La Ariki. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top