Pariwara
Kolaka Timur

WDP Empat Kali, Bupati Koltim Bidik WTP

KUSDIN/KENDARI POS
OPINI BPK : Peningkatan sumber daya manusia aparatur pengelola keuangan dan administrasi di Koltim melalui Bimtek untuk membidik opini WTP dari BPK RI.

KENDARIPOS.CO.ID — Tata kelola keuangan dan administrasi aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), baru mendapat pengakuan wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kini Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah berupaya agar pemerintahannya meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Pihaknya terus berupaya agar Pemkab Koltim mendapat pengakuan dari BPK untuk perolehan opini WTP seperti daerah lainnya yang bersamaan mekar.

“Saya akan terus mengawal agar pengelolaan keuangan dan aset daerah sesuai standar dan bisa diinput melalui aplikasi sistem informasi manajemen daerah (Simda) sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada publik. Saya harap penyusunan laporan keuangan OPD berbasis Simda sesuai amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,” jelasnya.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini mengakui, opini WDP yang diberikan BKP pada Pemkab Koltim sudah kali keempat berturut-turut diterima dan belum mampu meraih WTP. Hal itu mendorong pihaknya untuk lebih serius dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan dan mencapai opini lebih baik di tahun mendatang. Dengan berbagai upaya termasuk dengan mengikuti semua yang menjadi rekomendasi BPK agar secepat mungkin dapat ditindaklanjuti.

“Salah satu poin yang perlu mendapat perhatian lebih adalah penyusunan laporan konsolidasi OPD. Laporan keuangan Pemkab harus dilakukan berjenjang dan penyajian nilai kas serta aset tetap pada neraca harus dilakukan penertiban. Maka sumber daya manusia lingkup Pemkab harus dilatih, agar rekomendasi BKP bisa dijalankan dengan baik,” tandasnya. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top