Pariwara
Kolaka Utara

SDM Minim Inovasi, BUMDes Kolut tak Produktif

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), terus mendorong pemerintahan desa (Pemdes) agar bisa mengelola dana yang digelontorkan pemerintah pusat. Pasalnya, sejauh ini keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang produktif di wilayah tersebut belum mencapai 50 persen. Sekretaris BPMD Kolut, Pattahuddin, menjelaskan, minimnya produktivitas BUMDes karena sumber daya manusia (SDM) dan ide Pemdes yang masih minim.

Makanya, melalui sejumlah kegiatan baik sosialisasi hingga aktualisasi di lapangan terus dilakukan. “Inovasi desa yang kita dorong saat ini. Meski lamban teraktualisasi di lapangan namun kami tidak menyerah untuk terus melakukan pembinaan,” ujarnya, Senin (22/10). Sebagian besar BUMDes di Kolut diakui hadir hanya formalitas. Padahal, dibentuknya wadah tersebut lebih pada pemberdayaan masyarakat setempat agar ada dampak positif yang bisa dihasilkan. Baik secara ekonomi dan lainnya.

“Sebagian besar hanya menerima dana dan habis begitu saja seiring programnya tuntas. Karena dominan program kerja mereka condong ke fisik,” ungkapnya. Sementara itu kehadiran BUMDes di desa berjalan biasa-biasa saja. Bahkan terindikasi, menjadi wadah bagi aparat desa itu sendiri untuk mencari tambahan kegiatan dan tak melibatkan masyarakatnya. Padahal, dana desa ratusan juta hingga mencapai satu miliar rupiah tersebut jika difokuskan pada pengembangan ekonomi warga melalui inovasi-inovasi baru, diyakini dapat menghasilkan kesejahteraan.

“Mengelola uang untuk menghasilkan pendapatan bagi masyarakat. Itu yang minim,” imbuhnya. Pattahuddin berharap, desa-desa yang dianggap sudah ideal dalam pembangunan infrastrukturnya dapat fokus ke pengembangan ekonomi dengan cara berinovasi. Sangat disayangkan jika ada Pemdes yang kemampuannya hanya bisa menghabiskan DD dan ADD untuk proyek fisik semata seperti rabat, drainase hingga pembuatan gorong-gorong namun minim ide dan inovasi untuk peningkatan ekonomi warganya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top