Pariwara
Bombana

Pemkab Bombana Verifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Perumahan

Sulaiman

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Bombana berupaya meningkatkan validasi data penerima bantuan Baruga Moico melalui pembentukan program uji publik. Program ini untuk menjawab permasalahan yang kerap dijumpai di lapangan. “Saat ini kami terus melakukan optimalisasi verifikasi data penerima bantuan pembangunan perumahan, utamanya Baruga Moico melalui uji kelayakan penerima,” kata Sulaiman, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Bombana, senin (22/10).

Ia mengakui, ada beberapa tantangan yang dihadapi di lapangan dalam proses realisasi bantuan Baruga Moico. Pertama, kurangnya tingkat kepuasan warga atas bantuan tersebut karena rendahnya tingkat akurasi data penerima yang saat ini berstatus belum optimal. “Banyak kami temukan warga yang protes dan mengklaim dirinya layak menerima bantuan perumahan. Sementara penerima sudah terdata di TNP2K. Makanya, kita lakukan optimalisasi data,” ujarnya.

Secara teknis, Kepala Bidang Perencanaan, Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan Bombana, Sofyan Maparesa, menjelaskan, pihaknya membentuk uji publik tersebut guna terwujudnya ruang publikasi dan akses informasi yang berdampak pada kualitas hasil verifikasi data penerima bantuan. “Dengan dibentuknya program uji publik tersebut, maka dengan sendirinya akan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menyampaikan informasi tentang penerima bantuan yang layak, sesuai indikator yang ada,” ungkap Sofyan Maparesa.

Pelibatan masyarakat untuk ikut proaktif, diharapkan dapat menyosialisasikan program bantuan perumahan di daerah itu. “Penerima bantuan, khususnya Baruga Moico secara keseluruhan di Bombana mencapai 822 unit. Bantuan ini telah ditarget 10 hunian tiap kecamatan dan dua unit per desa/kelurahan. Selain itu tambahan untuk kawasan kumuh sebanyak 100 unit rumah di tiga zona wilayah,” tandasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top