Pariwara
Konawe Utara

Pelabuhan Molawe di Konut Kini Jadi UPP

Safrin, Sekretaris Komisi II DPRD Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras pemerintah kabupaten (Pemkab) bersama DPRD Konawe Utara (Konut) dalam mengawal peningkatan status Pelabuhan Molawe menjadi Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP), membuahkan hasil. Dengan begitu, infrastruktur transportasi laut tersebut tak legi berada dalam kendali Syahbandar Langara.

Atas kerja keras itu, akhirnya Syahbandar Molawe telah berdiri sendiri. Itu sesuai Peraturan Menteri Perhubungan nomor 77/2018 dengan wilayah kerja mencakup Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe, Lameruru dan Morombo Kabupaten Konawe Utara. Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin, membenarkan hal tersebut. Ketua DPD II Golkar Konut itu menjelaskan dengan berdirinya Pelabuhan Molawe menjadi UPP secara otomatis perkembangan ekonomi baru di Konut akan mengalami peningkatan.

“Jika melihat daerah yang memiliki pelabuhan sendiri, pertumbuhan ekonomi dapat berlangsung cepat. Termasuk pendapatan asli daerah (PAD) akan mengalami peningkatan. Karena aktivitas bongkar muat akan dilangsungkan di Pelabuhan Molawe, termasuk izin pelayaran sudah melalui Syahbandar setempat. Yang perlu disiapkan Pemkab adalah memperhatikan pasokan serta distribusi pertanian, perkebunan maupun kelautan. Agar ketika ada kegiatan bongkar muat, kapal yang berlabuh tidak pulang kosong. Tapi ada yang dibawa dari Konut,” gagas Safrin.

Selain itu, Pemkab juga harus mendukung peningkatan sarana dan prasarana di kawasan Pelabuhan Molawe. Seperti membangun jalan atau akses transportasi darat menuju pelabuhan tersebut. Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Konut, Aris L., mengatakan, dengan terbitnya SK Menhub tersebut maka dengan sendirinya segala administrasi pelayaran sudah tidak lagi berurusan melalui Syahbandar Langara.

“Sekarang Pelabuhan Molawe sudah berdiri sendiri berdasarkan SK Menteri Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut. Sehingga pengurusan dokumen yang berhubungan dengan pelayaran dapat dilakukan di Konawe Utara, tanpa harus menyeberang ke Langara,” ungkapnya. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top