Pariwara
Kesehatan

Insomnia Saat Hamil? Lakukan Olahraga ini

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah tahukah Anda, bahwa yoga mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan? Ya, aktivitas yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur tubuh ini terbukti ampuh melatih kekuatan serta fleksibilitas otot. Bila dilakukan oleh ibu hamil, yoga dapat membantu ibu terhindar dari insomnia atau gangguan tidur.

Berbagai kebaikan yoga

Saat berenang atau joging, aspek ketahanan aerobik atau ketahanan jantung dan paru sangat dominan dilatih. Sedangkan pada yoga, yang menjadi aspek penting adalah kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas atau kelenturan.

“Bukan berarti pada olahraga yoga aspek aerobik atau ketahanan jantung dan paru tidak dilatih, akan tetapi proporsi manfaatnya tidak terlalu besar karena aspek yang lebih dominan dilatih adalah otot,” jelas dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Yoga terdiri dari berbagai jenis postur. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar dan bikram yoga. Meskipun masing-masing jenis memiliki ciri tertentu, secara umum gerakan-gerakan tersebut memberikan manfaat yang sama.

Secara garis besar, manfaat olahraga yoga dapat dibagi menjadi manfaat fisiologis atau fisik dan manfaat psikologis atau mental. Bahkan, yoga juga berkhasiat mengatasi gangguan insomnia pada ibu hamil. Bagaimana bisa terjadi?

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top