Pariwara
Buton

25 RTLH Warga Buton Dibedah

Muhamad Rajulan

KENDARIPOS.CO.ID — Pada tahun anggaran perubahan 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mendapat alokasi bantuan program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara. Jumlah bantuan yang diterima sebanyak 25 unit hunian. “Pemprov telah mengalokasikan melalui APBD-P untuk pembiayaan 50 unit bedah RTLH. Ini merupakan program 100 hari kerja Gubernur, H. Ali Mazi. Untuk Buton dijatah 25 unit rumah,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Buton, Muhamad Rajulan, akhir pekan lalu.

Ia mengungkapkan, untuk di Kabupaten Buton, pihaknya sudah mengusulkan lokasi rehabilitasi rumah tersebut dilakukan di Desa Holimombo, Kecamatan Wabula. Meski demikian pemilihan lokasi ini, masih akan diverifikasi lagi bersama pihak Pemprov. “Tahun ini kita masih fokus satu desa, agar pemantauannya mudah. Untuk desa-desa lain dari tujuh kecamatan di Buton ini sudah kita usulkan. Pada tahun 2019 nanti Insya Allah akan tersentuh semua,” kata Muhamad Rajulan.

Tiap unit RTLH akan dialokasikan anggaran perbaikan sebesar Rp 15 juta. Bantuan ini bersifat stimulan dan dibelanjakan dalam bentuk material bangunan. “Nanti pemerintah yang membelanjakan dalam bentuk bahan, sesuai kebutuhan dan usulan dari desa bersangkutan. Yang jelas, anggaran tidak kurang dari Rp 15 juta tiap unit,” jelasnya. Jadwal pelaksanaan kegiatan masih menunggu petunjuk teknis Pemprov Sultra.

Mantan Kadis PU Buton ini menegaskan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam aplikasi program ini, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat. Bahkan, masing-masing rumah yang mendapatkan bantuan rehab akan dikontrol. “Sehingga bantuan yang diberikan, benar-benar dapat digunakan untuk bedah rumah,” tandas Muhamad Rajulan. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top