Pariwara
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Izinkan Aktivitas di Pasar Sentral

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
PASAR : Pasca terbakar, sebagian pedagang di Pasar Sentral Wangiwangi Selatan memilih tetap berjualan di lokasi tersebut, meski kondisinya tak representatif lagi.

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca mengalami kebakaran hebat pada tanggal 1 Oktober lalu, kondisi bangunan Pasar Sentral Wangiwangi Selatan, sangat memprihatinkan. Setiap hari, para pedagang yang memiliki kios pada pasar yang terletak di Kelurahan Mandati tersebut masih terus berdatangan untuk memantau kondisi pasar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi menyadari, keadaan itu tak memungkinkan untuk aktivitas jual beli. Pasalnya, selain rusak berat, lokasi pasar yang menghanguskan sekitar 200 kios juga memprihatinkan.

Namun, bagi para pedagang kondisi pasar seperti ini tak masalah, asal dibersihkan lagi. Sehingga masih bisa menjual barang-barang yang sempat diselamatkan. Keinginan sejumlah pedagang untuk tetap menjual di lokasi tak bisa dibendung. Pemkab setempat akhirnya mengizinkan para pedangan untuk menjual, asal dapat memenuhi syarat yang ada. “Setelah kita berdiskusi dua kali dengan para pedagang, maka kita izinkan mereka yang memiliki lods di Pasar Sentral untuk menjual di sekitar lokasi. Caranya membangun stand, tapi kalau sudah ada kegiatan pembangunan pasar kita meminta agar para pedagang segera pindah ke lokasi lain atau bubarkan diri secara sukarela,” ungkap Bupati Wakatobi, H. Arhawi.

Pembangunan stand di areal pasar yang terbakar lanjut Ketua KONI Wakatobi ini hanya sementara waktu. Apalagi, saat ini Pemkab Wakatobi segera mendapat anggaran melalui tugas perbantuan dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp 6 miliar hingga Rp 12 miliar. “Alhamdulillah saat kunjungan pihak Kementerian Perdagangan sebelumnya dan langsung meninjau lokasi, kita akan diberi bantuan untuk pembangunan pasar ini. Pemkab Wakatobi juga akan mengalokasikan anggaran melalui APBD 2019 untuk biaya pembangunan pasar ini. Kita berharap segera dikerjakan agar cepat tuntas,” pungkasnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top