Pariwara
Konawe Kepulauan

Pemkab Konkep Belum Bisa Yakinkan DPRD

Abdul Rahman

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk mengajukan pinjaman anggaran ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), tidak berjalun mulus. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep, belum menyetujui rencana tersebut. Pasalnya, pihak eksekutif di daerah itu dianggap tak bisa meyakinkan para wakil rakyat di Pulau Wawonii agar peminjaman anggaran ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dapat disetujui.

Wakil Ketua DPRD Konkep, Abdul Rahman, mengatakan, pihaknya sudah mengadakan rapat internal bersama Pemkab. Sayangnya, saat pertemuan yang digelar belum lama ini, pihak eksekutif tak bisa menjelaskan secara rinci dan detail tahapan-tahapan pinjaman anggaran tersebut. “Mereka hanya menyampaikan secara lisan, tetapi tidak ada presentasi yang dimunculkan,” Abdul Rahman, Kamis (18/10). Padahal pihak DPRD minta agar ada pemaparan proyeksi peminjaman anggaran Rp 200 miliar itu. Agar prosedur awal, persyaratan, dari mana pengembalian dana dan capaian kinerja nantinya, lebih jelas.

“Kalau meminjam anggaran tidak jelas, kami juga nantinya akan ditanya rakyat. Dan kita juga harus bisa menjawab,” tuturnya. Magister Pengembangan Wilayah Universitas Halu Oleo tersebut menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan rencana peminjaman anggaran Pemkab Konkep, akan ditolak atau tetap disetujui.

“Kami masih pending rapatnya. Belum ada juga surat penolakan DPRD Konkep soal pinjaman anggaran yang kami layang ke pemerintah. Kalau memang sampai jangka waktu yang ditentukan, Pemkab Konkep belum bisa mempresentasikan, apa-apa saja yang dibangun dari uang pinjaman itu, terpaksa kami akan balas suratnya, bahwa DPRD menolak,” tegas politikus PKS. Pihaknya memberi deadline waktu hingga November 2018 mendatang agar dapat dibahas sebelum APBD 2019. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top