Space Iklan
Pariwara
Konawe

Pemkab Konawe Libatkan Jaksa Awasi Anggaran

Gusli Topan Sabara

KENDARIPOS.CO.ID — Pembenahan tata kelola administrasi dan keuangan sedang dilakukan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe. Untuk urusan yang berkaitan dengan anggaran, pemerintah berupaya mendapatkan kepercayaan masyarakat dengan mengelola secara transparan. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemkab menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe untuk membantu mengawasi pengelolaan anggaran demi kesejahteraan masyarakat.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, mengatakan, transparansi pengelolaan keuangan mulai difokuskan pada kebijakan umum anggaran dan priorotas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS), maupun pembahasan penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Sekarang sudah zamannya kerja transparan, sebab pengelolaan dan peruntukan anggaran di Konawe harus diketahui masyarakat. Untuk itu, kita akan melibatkan pihak Kejaksaan agar selalu terlibat dalam setiap pembahasan anggaran. Kalau biasanya, Kejaksaan hanya diundang saat penetapan anggaran, maka ke depan mereka juga harus terlibat dalam pembahasannya,” ungkap Gusli Topan Sabara.

Menurutnya, dengan pelibatan korps Adhyaksa tersebut, mereka bisa mengawasi jalannya pembahasan anggaran. Sehingga tidak ada lagi oknum yang bermain-main dengan anggaran. “Soal keikutsertaan Kejaksaan dalam pembahasan anggaran bertujuan untuk menciptakan pengelolaan keuangan agar lebih transparan, akuntabel, efektif dan efisien,” jelasnya. Dengan begitu, diyakini dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan saran terkait pembangunan fisik maupun nonfisik yang belum masuk dalam drat anggaran. “Masyarakat bisa bersama-sama dalam melakukan pengawasan, mulai dari dana yang dianggarkan, hingga hasil pekerjaan,” tandas mantan ketua DPRD Konawe itu. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top