Space Iklan
Pariwara
Kolaka Utara

Empat Kades di Kolut Dibidik Penegak Hukum

Alimus Marzuki

KENDARIPOS.CO.ID — Teridentifikasi ada beberapa kepala desa (Kades) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang diduga melakukan penyimpangan pengelolaan dana desa (DD). Saat ini, mereka diberi dua opsi. Mengembalikan kerugian tersebut atau proses hukumnya dipercepat. Kepala Inspektorat Kolut, Alimus Marzuki, menegaskan, ada tiga Kades yang terendus melakukan praktik penyimpangan hingga diminta melakukan pengembalian. Mereka adalah Pelaksana Kades Tolala, Penjabat Desa Lawata dan Kamisi. Perkara mereka sedang diusut pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolut.

Sementara itu di Kepolisian, ada mantan Penjabat Kades Batu Api. Namun, terkait Desa Kamisi, setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata hanya melakukan penyimpangan administrasi dan dikembalikan ke Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). “Jika masih sifatnya pembinaan, maka diminta pengembalian dengan batas waktu yang ditentukan. Apabila tidak dilaksanakan, maka diproses lebih lanjut,” ujar Alimus Marzuki, Kamis (18/10).

Dalam penanganan penyalahgunaan DD atau ADD oleh Kades yang diusut aparat penegak hukum, Inspektorat hanya sebatas melakukan audit kerugian dan menyerahkan penanganan lebih lanjut ke Kejaksaan dan Kepolisian. Bagi Kejaksaan, masih menjalankan fungsi sebagai Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). “Jika uangnya masih bisa dikembalikan, ya aman. Bila tidak bisa lagi, maka orangnya yang harus diamankan,” tegasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top