Pariwara
Konawe Utara

Dana Talangan Replanting Kelapa Sawit Beratkan Petani Konut

Suleman

KENDARIPOS.CO.ID — Dana talangan yang rencananya dibebankan pada sejumlah petani perkebunan kelapa sawit di Konawe Utara (Konut), dianggap sangat memberatkan. Makanya pihak Dinas Perkebunan Konut meminta agar dana talangan untuk melakukan peremajaan (replanting) kelapa sawit, ditiadakan saja. Permintaan itu mengingat petani kelapa sawit akan dibebani biaya hingga Rp 30 juta tiap hektare.

“Ada atau tidak (dana talangan), berdasarkan pedoman umum replanting, kita akan tindak lanjuti pada rapat bersama pihak Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jadi nanti di sana kita akan dengarkan pemaparan dari Direktur Pelaksanaan Peremajaan Kelapa Sawit Kementan RI,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Konut, Suleman, Kamis (18/10). Keinginan masyarakat petani kelapa sawit di Konut, agar dana talangan yang harus dibebankan pada mereka ditiadakan saja.

Permintaan petani agar mereka diberikan dana hibah dari Kementan RI sebesar Rp 25 juta untuk peremajaan tanaman. “Dalam RAB peremajaan kelapa sawit itu sebesar Rp 55 juta. Sehingga masyarakat diimbau untuk menambah atau menyiapkan dana Rp 30 juta. Maunya petani tidak usah ada embel-embel dana talangan. Murni dengan Rp 25 juta saja. Karena kalau petani disuruh siapkan dana talangan, itu sangat berat,” sambungnya.

Permintaan itu mengingat masyarakat petani kelapa sawit masih memiliki utang pada PTPN sekitar Rp 3 juta per hektare. Karena lahan petani sawit yang akan direvitalisasi adalah lahan eks PTPN. Sehingga jika masyarakat harus dibebani lagi dana talangan, maka beban petani kian bertambah. “Total utang masyarakat sekitar Rp 7,5 miliar. Ini tak ada masalah, karena Pemkab akan bantu untuk memuluskan sertifikat warga di Bank Agro yang diagunkan oleh PTPN. Yang menjadi kendala di sini, hanya adanya dana talangan yang harus dibebankan lagi pada petani kelapa sawit,” tandas Suleman. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top