Pariwara
Buton

16 Warga Buton Ikut Pelatihan di Bekasi

Mulyono

KENDARIPOS.CO.ID — 16 warga Buton dikirim mengikuti pelatihan oleh pihak Dinas Tenaga Kerja setempat ke Bekasi, Jawa Barat. Mereka akan menjalani tiga program pelatihan yaitu pelatihan terkait teknologi informasi komunikasi (TIK), elektronika teknik instalasi visat, dan pelatihan refrigerator atau lemari pendingin. Kepala Seksi Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buton, Mulyono, mengatakan, pelatihan tersebut merupakan program Kementerian Tenaga Kerja melalui Balai Besar Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas di Bekasi, Jawa Barat.

“Tahap awal yang diminta untuk jurusan TIK empat orang, elektronika teknik instalasi visat selama satu setengah bulan diminta delapan orang, program refrigerator atau lemari pendingin empat orang selama dua bulan,” papar Mulyono, Kamis (18/10). Menurutnya, peserta pelatihan itu merupakan hasil seleksi yang dilakukan Kementerian Tenaga Kerja beberapa waktu lalu di Kabupaten Buton dengan jumlah peserta mencapai 44 orang mulai dari usia 18 sampai 30 tahun dan berasal dari tujuh kecamatan.

“Selama mereka mengikuti pelatihan, mereka diasramakan dan difasilitasi Kementerian Tenaga Kerja. Tidak ada pungutan biaya. Khusus di Buton, ini adalah kali pertama. Biasa hanya wilayah-wilayah Indonesia Timur dan Barat saja yang dapat jatah,” jelas Mulyono. Setelah 16 orang itu mengikuti pelatihan di Bekasi, ia berharap bisa lebih mendukung kegiatan-kegiatan positif di daerah. “Dengan begini, kita bisa merubah mindset yang belum punya keterampilan. Karena jika biaya sendiri pasti sangat mahal, tapi ini pemerintah pusat memberi kepercayaan pada Pemkab Buton. Ini merupakan tahap pertama sekaligus uji coba. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi yang bisa ikut,” tandas Mulyono. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top