Pariwara
Metro Kendari

Segel Los “Menganggur”, PD Pasar Kendari Tagih Piutang Rp 500 Juta

Dirut PD Pasar, Asnar

KENDARIPOS.CO.ID — Banyaknya kios yang “menganggur” di pasar-pasar tradisional rupanya menyisakan beban piutang bagi keuangan Pemkot Kendari. Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2017, piutang dari retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah (PKD) sebesar Rp 500 juta. Itu dipicu adanya tunggakan pembayaran los disejumlah pasar yang ada di Metro Kendari ini.

Tak ingin catatan piutang itu masih tercatat di BPK di tahun ini, Perusahaan Daerah (PD) Pasar selaku pengelola pasar tradisional harus “membersihkan” piutang itu. Makanya, PD Pasar sudah mengambil langkah tegas dengan segera menyegel los yang “menganggur”. Direktur PD Pasar, Asnar mengatakan langkah penyegelan los sudah dimulai di Pasar Anduonohu beberapa hari lalu. Itu berdampak positif dengan langsung dilunasinya piutang oleh pemilik los. “Kita ke pasar Anduonohu mau menyegel namun sampai di sana yang punya los langsung datang. Katanya mau bayar. Rabu (17/10) piutang di sana hampir Rp 200 juta sudah lunas 100 persen,” ujar Asnar di ruang kerjanya, Rabu (17/10).

Kini, Satgas Pasar yang dibentuk khusus mendata kepemilikan kios dan los menganggur itu akan mengalihkan fokus penagihan ke Pasar Rakyat Baruga. Di sana menurut Asnar merupakan ladang tunggakan paling besar. “Rp 200 juta lebih (piutang) di sana. Mudah-mudahan kasusnya sama dengan Anduonohu, begitu kita segel langsung bertindak dengan datang di kantor kami untuk membayar,” ungkap Asnar.

Hasil kerja Satgas Pasar sejauh ini kata dia menemukan banyak oknum yang “bermain”. Oknum dimaksud rata-rata mantan pegawai PD Pasar. “Mereka sudah dipecat, tapi masih menguasai kios. Orang lain yang pakai, menyetor ke oknum tersebut. Ini banyak terjadi. Di Pasar Baruga misalnya, model seperti itu yang dominan terjadi,” jelas Asnar. Lebih lanjut Asnar mengatakan potensi PKD Pasar setiap tahun bisa Rp 1,5 Miliar. Itu belum termasuk parkir dan lainnya. Artinya jika kios-kios di pasar dimanfaatkan sesuai fungsinya maka perusahaan plat merah itu bisa jauh lebih mandiri dari kondisi saat ini. “Makanya polanya kita tata terus sampai benar-benar sehat,”tandasnya. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top