Pariwara
Bau-bau

Realisasi BSPS di Baubau Tanpa Kecurangan

Yulia Widiarti

KENDARIPOS.CO.ID — Bantuan stimulus perumahan swadaya (BSPS) tahun 2018 telah direalisasikan sejak akhir Agustus lalu. Sekitar 746 warga kurang mampu di Kota Baubau tercatat menerima bantuan perbaikan rumah tersebut. Saat ini semua masih dalam proses pengerjaan dalam pengawasan tim fasilitator yang ditunjuk instansi teknis, dalam hal ini Dinas Perumahan.

“Proses pengerjaan BSPS sementara berlangsung. Seluruh kebutuhan bahan bangunan disuplai ke masing-masing warga penerima manfaat,” kata Sekretaris Dinas Perumahan Kota Baubau, Yulia Widiarti, saat ditemui di ruang kerjanya. Meski program BSPS itu sedang berjalan, namun persoalan yang terjadi dalam proses penyaluran bantuan, diakui kerap terjadi. Khususnya mengenai standar dan mutu bahan bangunan yang disuplai ke masyarakat penerima manfaat. Permainan oknum tertentu untuk keuntungan pribadi cukup potensial. Sehingga masyarakat tidak sepenuhnya mendapatkan bantuan tersebut.

Untuk masalah tersebut, Yulia Widiarti memastikan tak akan terjadi. Ia mengklain, realisasi program BSPS 2018 bersih dari praktik kecurangan. Semua dilihat dari tidak adanya laporan atau keberatan dari masyarakat yang masuk di Dinas Perumahan ataupun pada tim fasilitator. “Sampai saat ini keluhan dari masyarakat belum ada. Yang kita terima hanya sebatas keterlambatan penyuplaian bahan bangunan. Kemudian ada beberapa papan dan balok yang mereka terima retak atau bengkok. Tapi semua itu cepat diganti. Jadi sampai saat ini tidak ada protes dari masyarakat yang benar-benar merugikan mereka,” terang wanita berhijab itu.

Ia menjamin, jika ada warga yang merasa dirugikan dan luput dari pangawasan tim fasilitator, agar segera melapor. Semua akan langsung ditindaklanjuti sehingga seluruh penyaluran bantuan berjalan sesuai harapan. “Kalau ada bahan bangunan yang disuplai tidak sesuai standar permintaan, tolak saja. Masyarakat bisa komplain jika barang yang didistribusi tidak sesuai RAB yang ada,” harapnya.

Yulia Widiarti menambahkan, sebagai tim teknis, pihaknya akan terus mengawal proses penyaluran bahan bangunan BSPS. Baik menunggu laporan dari tim fasilitator maupun menerima aduan langsung dari masyarakat. “Memang kita tidak terlalu rutin turun lapangan. Kita menunggu laporan dari tim fasilitator. Sampai saat ini semua berjalan normal. Proses pembangunan BSPS terus berjalan dan Insya Allah seluruhnya akan tuntas sebelum akhir Desember,” tandasnya. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top