Pariwara
Wakatobi

Bantuan Rehabilitasi Pasar Sentral di Wakatobi Capai Rp 12 Miliar

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
REHABILITASI : Kondisi Pasar Sentral Wangiwangi Selatan pasca terbakar. Pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran hingga Rp 12 miliar untuk perbaikan pusat perekonomian tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah terbakar pada 1 Oktober 2018 lalu, kondisi Pasar Sentral Wangiwangi Selatan nyaris rata dengan tanah. 200 kios ludes dilahap si jago merah. Tak ingin berlarut-larut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi mulai memikirkan solusi perbaikan sentra perkulakan tersebut. Baru-baru ini, pihak Kementerian Perdagangan telah melakukan pemantauan secara langsung di lokasi. Dari hasil kunjungan tersebut, Pemkab Wakatobi akan mendapat bantuan untuk pembangunan pasar sekitar Rp 12 miliar.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi, menyebut, kunjungan Kementerian Perdagangan belum lama ini membuahkan hasil baik. Pihaknya akan menerima anggaran tugas perbantuan dari Kementerian Perdagangan dengan nominal hingga Rp 12 miliar. “Tapi kami tak hanya berpangku tangan saja. Pemkab juga akan mengalokasikan dana melalui APBD 2019 mendatang untuk pembangunan pasar ini. Sehingga kita bisa membangun pasar representatif. Jadi, kita masih harus tambah lagi anggarannya,” ungkap Wakatobi-1 tersebut, rabu (17/10).

Sayangnya, pemerintah bukan hanya harus menuntaskan pembangunan pasar saja. Sebab Pemkab masih harus memperjuangkan pembebasan lahan yang saat ini diketahui masih berstatus milik pribadi. Sedikitnya masih ada 20 lahan milik warga yang harus diupayakan untuk diganti rugi. Untuk menyelesaikannya, Arhawi sudah dua kali melakukan pembicaraan teknis dengan masyarakat pemilik lahan di lokasi Pasar Sentral. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top