Pariwara
Bombana

Disperindagkop Bombana Buka Klinik IKM

Asis Fair

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana membentuk klinik industri kecil menengah (IKM) bagi para pelaku usaha. Klinik tersebut menyediakan tujuh layanan konsultasi gratis di kantor Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop). Lewat klinik IKM itu, pelaku usaha yang memiliki kendala dalam menjalankan bisnisnya dapat dibantu saat berkonsultasi. Bentuk pelayanan yang diberikan selain konsultasi, juga pendampingan agar pelaku usaha di Bombana memiliki standarisasi produknya.

Kepala Dinas Perindagkop Bombana, Asis Fair, menjelaskan, dinamika pemasaran di wilayah itu mendorong pihaknya membuka layanan klinik bagi para pelaku usaha. Sebab tidak semua pelaku usaha mampu menangani masalah persaingan di era milenial saat ini. Hal inilah yang mendasari pembukaan layanan klinik tersebut sebagai wadah pencarian solusi untuk peningkatan kapasitas. “Kami siap membantu semua pengusaha di daerah ini. Ada tujuh jenis jasa layanan yang kami siapkan dan bagi pelaku IKM yang ingin berkonsultasi terkait usahanya,” ulang Asis Fair, menegaskan, akhir pekan lalu.

Mantan Kadis Pertanian Bombana itu menjabarkan, tujuh jasa layanan IKM gratis dimaksud adalah konsultasi usaha, bertujuan membantu pelaku IKM utamanya yang baru merintis usaha mengidentifikasi usaha dan mencari solusi masalahnya. Kedua, informasi usaha dengan mencari potens bagi pelaku IKM. “Kita lihat peluang dan kapasitasnya serta siap lakukan study kelayakan atas usahanya,” kata Asis Fair.

Ketiga, pendampingan usaha yang ditujukan pada pelaku usaha yang kerap gagal dalam menjalani bisnisnya. Keempat, dibukanya layanan pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha. Kelima, layanan akses pembiayaan atau permodalan. Artinya, Dinas Perindakop akan menjembatani pelaku usaha melalui kredit usaha rakyat (KUR) pihak Perbankan. “Keenam, layanan akses pemasaran produk IKM dan terakhir menyediakan pustaka kewirausahaan berupa buku-buku, majalah serta aturan-aturan terbaru yang berkaitan dengan pengembangan usaha,” tandasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top