Pariwara
Kolaka Utara

362 Rumah Warga Kolut Dibedah

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
BEDAH RUMAH : Salah satu unit dari 362 rumah warga di Kolut yang mendapat jatah perbaikan melalui BSPS dari Kementerian PUPR.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 362 unit rumah warga di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mendapat jatah program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR ). Hunian yang akan ditata menjadi lebih layak tersebut diperuntukkan bagi warga di Kecamatan Wawo dan Rante Angin.

Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kolut, Firdaus, menjelaskan, 362 rumah yang ditingkatkan tersebut tersebar pada delapan desa. Mereka yang menerima bantuan merupakan kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Sementara berjalan di lapangan sekarang dan perkembangannya dipantau,” ujar Firdaus, Jumat (12/10).

Ia merinci, rumah yang dibedah di Kecamatan Wawo ada enam desa dan Rante Angin untuk dua desa. Tiap unit diestimasi mendapat bantuan Rp 15 juta. Pasalnya, bantuan tersebut disalurkan bukan hanya berbentuk dana, tetapi juga material bangunan dan bisa langsung diambil pada toko yang ditunjuk masing-masing pemerintah desa. “Ada sisa Rp 2,5 juta untuk ongkos kerja tukang,” paparnya.

Firdaus mengaku, saat ini pihaknya kembali mengajukan proposal ke Kementerian PUPR untuk usulan 2019. Masyarakat sangat bahagia mendapat program pemerintah pusat tersebut mengingat sebagian besar memang kondisi kediamannya sudah harus mendapat rehabilitasi, utamanya bagian lantai, dinding hingga atap. “Untuk mereka (masyarakat) yang penghasilannya pas-pasan, tidak cukup untuk mengeluarkan uang memperbaiki rumah. Semoga proposal kami disetujui PUPR lagi,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top