Pariwara
Metro Kendari

Rencana Dibuka Gubernur Sultra, Klan Bafadal Gelar Silatnas di Kendari

Ketua Panitia Silatnass Keluarga Bafadal ke-VI, Azhar Bafadal (kedua dari kanan) bersama panitia lainnya.

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah satu dekade, Keluarga Bafadal dari berbagai penjuru intens bersilaturahmi. Rencananya 14 Oktober 2018 mereka akan kembali menggelar Silaturahmi Nasional – Internasional (Silatnass) ke-VI di salah satu hotel di Kendari. Ketua Panitia Silatnass Keluarga Bafadal ke-VI, Dr. Azhar Bafadal mengatakan silaturahmi keluarga Bafadal sudah berlangsung selama sepuluh tahun. Silatnas kelima berlangsung di Nusa Tenggara Barat (NTB), sedangkan Silatnass keenam, Kendari dipercaya menjadi tuan rumah.

Mereka yang datang Silatnass adalah klan Bafadal dari sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan ada yang datang dari luar negeri. “Kepanitiaan di Kendari mengundang sejumlah tokoh dari masing -masing suku. Seperti sesepuh Suku Tolaki, Mornene dan lainnya. Insya Allah Silatnas Keluarga Bafadal akan dibuka oleh Gubernur Sultra Alimazi,” ujar Azhar Bafadal.

Azahar bercerita Keluarga Bafadal berawal dari tiga orang Arab yang datang ke Indonesia. Mereka menyebar di Jambi, NTB dan Sulawesi Selatan, tepatnya di Bone. Target mereka kala itu menyebarkan agama Islam dan berniaga. Kemudian pada tahun 1.800-an salah satu keturunan Bafadal dari Bone hijrah ke Kendari. “Jadi untuk keluarga Bafadal di Kendari berasal dari Bone, dan kami ini merupakan generasi ke -5 di Kendari,” akunya. Silatnas Keluarga Bafadal ke-VI, rencananya akan berlangsung 13 – 16 Oktober 2018. (lis/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top