Pariwara
Metro Kendari

Misi Kemanusiaan, Dokter dan Perawat dari Sultra Dikirim ke Palu

Korban gempa Palu yang dirawat di tenda pengungsian.

KENDARIPOS.CO.ID — Empat lembaga mengirim relawan medis dan paramedis di lokasi gempa dan tsunami Palu, Sulteng. Empat lembaga itu, RSUD Bahteramas, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, IDI Kendari dan Sivitas Akademika Mandala Waluya. Sekira 17 relawan yang dipimpin dr.Mustari itu bertolak ke Palu.

Tenaga medis yang dikirim yakni dokter umum, dokter spesialis bedah, dokter anestesi, dokter konsultan dan perawat. Selain itu, misi kemanusiaan inisiasi dari empat lembaga itu juga mengirim 25 mobil ambulance dan mobil logistik. Ketua IDI Kota Kendari, dr.Algazali Amirullah mengatakan pengiriman relawan ke lokasi Donggala dan Palu dilihat dari bahaya penyakit menular pasca bencana. Potensi penyakit menular dapat mengancam keselamatan masyarakat. “Penyakit yang biasanya menular antara lain, kolera, diare, malaria, infeksi dada, demam berdarah dengue, typhoid, hepatitis A, dan penyakit anak-anak,” ujar dr.Algazali, Rabu (11/10/2018).

Pengiriman relawan ini merupakan yang pertama kali. Para relawan akan berada di Palu selama sepekan. Setelah itu, relawan berikutnya akan dikirim lagi. “Gelombang kedua sudah kami siapkan agar bisa membantu apabila kondisi dokter maupun perawat gelombang pertama akan kembali di Kendari,” ungkap dr.Algazali. Dia berharap dengan sinergi yang terbangun antara IDI Kendari, IDI Sultra, RSUD Bahteramas dan Mandala Waluya para relawan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. “Pengiriman relawan ini untuk membantu saudara-saudara kita di Donggala dan Palu yang sedang butuh pengobatan,” tutup dr.Algazali. (rud/b)

DOKTER dalam MISI KEMANUSIAAN

– 1 dokter spesialis bedah
– 1 konsultan bedah digestif
– 1 dokter Bedah ortopedi
– 1 dokter penyakit dalam
– 1 dokter anestesi
– 2 dokter umum
– 10 perawat dan relawan lain.

25 Unit Mobil :
– 4 unit ambulance
– 21 unit mobil logistik

Sumber : IDI Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top