Pariwara
Nasional

Butuh Dua Tahun Benahi Sulteng, Pemulihan Ekonomi Prioritas

RUSAK PARAH: Reruntuhan puing berserakan di sepanjang jalan di kawasan Kota Palu usai gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. Hitungan BNPB, butuh waktu dua tahun untuk memulihkan kondisi terdampak bencana. Foto: Jpnn

KENDARIPOS.CO.ID — Proses rekonstruksi dan rehabilitasi di Sulawesi Tengah (Sulteng) akan berlangsung selama dua tahun. Untuk fase transisi, memulihkan kondisi ekonomi menjadi prioritas. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, timnya akan bekerja kolektif menghitung jumlah kerugian.

“Itu akan menjadi tugas tim assestment yang akan menghitung berapa total kerugian. Akan ada beberapa tahap agar pembangunan bisa segera dilakukan. Aspek ekonomi menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan relokasi nantinya,” ujar Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (11/10).

Sutopo menjelaskan, proses rehabilitasi akan dilakukan beberapa tahap. Mulai dari menghitung jumlah kerusakan, lalu menyusun rencana. Dari rencana itu, kata dia, kemudian dibuat formulasi rencana rehabilitasi dan rekonstruksi. Rumusan tersebut, lalu dijalankan untuk melakukan proses pembangunan. “Periode relokasi dan transisi butuh waktu kurang lebih selama dua tahun, 2019-2021,” ungkapnya.

1 of 4

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top