Pariwara
Politik

Belasan Ribu Pemilih Bermasalah Teridentifikasi di-DPT

Munsir Salam

KENDARIPOS.CO.ID — Pemutakhiran data pemilih masih menyisakan masalah. Dari hasil pencermatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih menemukan jutaan pemilih ganda dan anomali. Sebanyak 17.008 diantaranya terindentifikasi di Sultra. Padahal revisi terhadap daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak dua kali. Atas dasar itu, KPU RI menunda penetapan DPT secara nasional.

“Penetapan DPT nasional harus ditunda sebanyak dua kali. Hal ini disebabkan masih banyak pemilih bermasalah yang ditemukan dalam DPT. Di Sultra sendiri, sebanyak 17.008 pemilih yang teridentifikasi ganda dan anomali. Makanya, KPU RI memperpanjang pemutakhiran data pemilih,” beber Munsir Salam, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra saat ditemui, Kamis (11/10).

Menindaklanjuti temuan tersebut, KPU RI menggalang gerakan melindungi hak pilih (GMHP). Melalui posko yang dibentuk hingga ke tingkat desa/kelurahan, penyelenggara Pemilu akan memvalidasi ulang DPT. Tidak hanya melakukan perbaikan, posko ini juga mendata warga yang belum terdaftar dalam data pemilih.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top