Pariwara
Bau-bau

Baru 51 Persen Anak Divaksin MR di Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau harus bekerja ekstra agar dapat memenuhi capaian target imunisasi measles rubella (MR). Pasalnya, hingga kini jumlah anak yang telah disuntik MR masih jauh dari proyeksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sejak awal, target capaian pemberian imunisasi MR di Baubau sebanyak 49.353 jiwa. Jumlah itu dinilai masih rasional dan dapat diselesaikan. Akan tetapi dalam perjalanannya, proses pemberian vaksin diterpa informasi yang membuat sebagian orang tua batal mengantar anaknya untuk suntik MR. Kondisi itulah yang mengakibatkan capaian pemberian imunisasi MR di Baubau belum bisa memenuhi target.

“Dari target yang ada, Kemenkes menuntut kita bisa mencapai minimal 95 persen. Akan tetapi sampai akhir September lalu, capaian baru 51 persen. Itu karena adanya kabar vaksin MR mengandung campuran barang haram,” kata Sekretaris Dinkes Kota Baubau, Amrin Taone saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/10). Beruntung, pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) cepat mengambil keputusan dengan mengeluarkan fatwa. Bahwa vaksin MR dapat digunakan dan hukumnya mubah.

“Makanya, setelah perpanjangan waktu, masyarakat mulai mengizinkan anaknya untuk divaksin. Meski demikian masih ada juga masyarakat yang menolak. Semua itu tidak bisa kita paksakan. Tetapi yang harus diingat, measles rubella itu penyakit ganas. Jika tidak ditanggulangi sejak dini dengan melakukan vaksin bisa berakibat fatal,” sambung mantan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Baubau itu.

Dengan adanya perpanjangan waktu vaksinasi, pihaknya masih memiliki waktu untuk memberikan suntik MR. Makanya, saat ini Dinkes terus berkunjung ke sekolah-sekolah dan memberikan vaksin. “Waktunya hingga 31 Oktober. Kami harap agar masyarakat bisa mengikutkan anaknya melakukan vaksin. Karena setelah ini, maka masyarakat yang ingin melakukan vaksin pada buah hatinya, harus mengeluarkan biaya. Dan itu tidak sedikit. Sekitar Rp 500 ribu sekali suntik,” jelas Amrin Taone. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top