Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

Ilustrasi beras

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim stok beras dinilai cukup untuk menyuplai kebutuhan hingga tutup tahun 2018. Meski demikian, Kementan tetap berupaya menyinkronkan data dengan Badan Pusat Statistik (BPS) terkait produksi dan kebutuhan beras.

Sekretaris Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Sesditjen) Tanaman Pangan Maman Suherman menyatakan, data produksi padi nasional 2018 diperkirakan 83,04 juta ton gabah kering giling (GKG). Bila dikonversikan ke beras, menjadi 48,29 juta ton. Sementara itu, konsumsi beras diperkirakan 30,37 juta ton. ’’Ini menunjukkan suplai beras nasional masih aman sampai akhir tahun,’’ ujar Maman, Senin (9/10) lalu.

Angka produksi beras, lanjut dia, bukan semata-mata hitungan Kementan. Pihaknya berkoordinasi dengan BPS dalam penghitungan angka produksi. Selain itu, Kementan mencatat langsung kondisi riil di lapangan.

’’Kami berkoordinasi dengan petugas pengumpul data tanam dan panen dinas pertanian kabupaten yang bertugas di tiap kecamatan. Jadi, tidak benar bahwa angka produksi hanya di atas kertas,’’ tambah Maman.

Terkait musim kemarau, produksi gabah di petani memang sangat berkaitan dengan ketersediaan air. Bagi lahan irigasi, air tersedia sepanjang tahun. Jika ada kekurangan saat kemarau panjang, kebutuhan air bisa dibantu pompa, baik dari bantuan pemerintah pusat atau daerah maupun mandiri.

Maman menyatakan, kekeringan tidak melanda seluruh negeri karena ada wilayah yang kondusif untuk ditanami. Ketika kondusif, Kementan membantu percepatan dengan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian untuk pengolahan tanah serta tanam. (jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top