Pariwara
Nasional

Revisi PPH Jadi 0,5 Persen, Ringankan Beban UMKM

Acara tersebut menghadirkan Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan, Kasubdit PPh Pot-put Direktorat Jenderal Pajak, Sulistyo Wibowo, serta Ketua Program Magister Akuntansi FEB Universitas Udayana, Herkulanus Bambang Suprasto sebagai keynote speaker. Acara dibuka oleh Dekan FEB Universitas Udayana, I Nyoman Mahaendra Yasa, serta sambutan oleh anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya. “Kami, seperti akademisi lainnya terutama di bidang ekonomi memandang strategis dan pentingnya pajak untuk mulai dibahas dalam forum forum formal akademis “ujar Bambang Suprasto.

Beliau juga menambahkan bahwa UKM menjadi tema yang menarik diusung mengingat begitu agresifnya pemerintah dalam usaha meningkatkan kepatuhan pajak UKM terutama dengan penurunan tarif pajak ukm menjadi 5 persen. “Hanya saja, pembukuan sebagai konsekuensi bagi pemanfaatan tarif ukm masih dianggap memberatkan bagi pengusaha UKM,” tambah bambang.

Bambang mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kepatuhan UKM terutama dengan inovasi-inovasi yang berani. Hanya saja, menurutnya, perlu ditambahkan inovasi berikutnya terkait pembukuan sehingga diharapkan peran serta UKM dalam perpajakan nasional terutama peningkatan penerimaan pajak. “Sudah barang tentu hal ini menjadi perhatian kalangan akademis dan pelaku usaha, selain menunggu reformasi perpajakan dan kelembagaannya melalui rancangan UU KUP yang saat ini masih menggantung di DPR,” tutup Bambang. (riz/fin)

2 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top