Pariwara
Nasional

Revisi PPH Jadi 0,5 Persen, Ringankan Beban UMKM

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah sepakat mengurangi beban pajak penghasilan (PPh) yang semula 1 persen menjadi 0,5 persen bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menurutnya, kebijakan ini akan mempermudah UMKM untuk masuk ke sektor formal perekonomian. “Salah satu isu di UMKM kan sektor keuangan. Dengan memberikan pengurangan pajak, membantu mereka dari segi keuangannya karena tidak perlu membuat pembukuan yang komplit. Hanya mencatat omset kemudian bayar 0,5 persen, mereka sudah melaksanakan kewajibannya,” kata Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan, di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10).

Menurutnya, pembebanan PPh tidak akan membebani pelaku UMKM. Sebab, UMKM juga memiliki omset seperti perusahaan besar yang dipandang pemerintah sebagai penghasilan. Untuk itu, kata Robert, seharusnya PPh 0,5 persen tidak akan membebani mereka.
“Pajak itu kan kewajiban warga negara. Kalau UMKM ada omset itu kami anggap penghasilan. 0,5 persen itu menurut kita angka yang cukup minim,” ujarnya

“Dengan semakin meningkatnya jumlah pelaku UMKM di Indonesia. Secara statistik 98 persen unit usaha Indonesia merupakan UMKM,” sambungnya. Robert menjelaskan, Revisi PPh final 0,5 persen telah menunjukkan tren positif bagi pemungutan pajak berdasarkan penghasilan. Terbukti, sejak digulirkan Agustus 2018 lalu, ada 183 ribu pelaku UMKM yang mendaftar.

“Data kita tadi menunjukkan sejak digulirkan sudah 183 ribu wajib pajak yang mendaftar PPh. Mudah-mudahan tambah terus,” pungkasnya. Sebelumnya, Universitas Udayana bekerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) melaksanakan kegiatan diskusi nasional dengan tema Peran Usaha Kecil dan Menengah dalam Perpajakan Nasional di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10).

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top