Pariwara
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Kembali Lelang Blok Nikel Latao dan Susua

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
NIKEL : Salah satu kawasan tambang nikel di Blok Suasua, Lasusua yang akan dilelang kembali ke pihak investor.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya lelang wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) nikel di Blok Latao dan Susua (Lasusua), Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) untuk kedua kalinya, direncanakan pertengahan Oktober. Itu karena hingga saat ini, kedua blok ini belum diminati investor hingga batas pelelangan 17 Juli lalu. Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar menjelaskan, lelang kembali dilakukan pihak kementerian. Upaya penawaran sebelumnya tak diminati penanam modal karena nilai tawar yang dipandang masih tinggi.

Blok Latao yang dilelang itu berdasarkan catatan pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), seluas 3.148 hektare dan Suasua 5.899 hektare. Syarat dan ketentuan lelang terbuka tidak berubah sebagaimana Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM nomor 1798 K/30/MEM/2018 dan Kepmen ESDM nomor 11 tahun 2018. Sebagai kepala daerah, Nur Rahman menaruh harapan dan keinginan agar Perusahaan Daerah (Perusda) dilibatkan. Karena secara aturan, juga diprioritaskan. Jika dimungkinkan, Perusda dapat menggandeng investor swasta. “Alasannya agar dapat menjaring pekerja lokal. Kalau tenaga impor boleh, jika kita tak punya. Asal jangan pekerja kasarnya juga dari luar,” tegas Kolut-1 itu, Rabu (10/10).

Meski demikian, semua tergantung pemerintah pusat. Pihaknya tetap berusaha semaksimal mungkin dan telah melakukan komunikasi dengan Ombudsman RI. Ia juga kurang sependapat jika smelter telah dibangun pihak perusahaan, namun pekerja lokal justru menjadi pelengkap saja. Sekadar diketahui, pada lelang sebelumnya terdapat enam WIUPK eksplorasi yang tiga diantaranya di Sultra termasuk blok nikel Matarape di Konawe Utara seluas 1.681 hektare dan dimenangkan PT Antam pada Agustus 2018. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top