Pariwara
Edukasi

Karya Tulis Landmark Sultra Bersaing Ketat, Penulis Bakal Presentasi Karyanya

LM. SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS
PENJURIAN Dari ki-ka: Pemred Kendari Pos Arifuddin Mangka (juri), Rektor Unsultra Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., Kepala UPT Bahasa Universitas Sulawesi Tenggara, Nicolaus Passasung (juri), Dosen Universitas Halu Oleo, Ahid Hidayat (juri), berdiskusi mengenai hasil penjurian lomba karya tulis landmark Sultra di Gedung Rektorat Unsultra, Kendari, Rabu (10/10).

KENDARIPOS.CO.ID — Lomba karya tulis yang digelar Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bersama Harian Kendari Pos kini memasuki tahap penilaian. Kemampuan menulis para peserta baik tingkat SMA maupun peserta umum cukup mumpuni. Kualitas menulis para peserta membuat penilaian mereka bersaing ketat untuk menentukan jawaranya.

Dalam memperkuat original tulisan, peserta akan mempresentasikan karya mereka. Agenda tersebut rencanakan akan dilaksanakan di Kampus Unsultra. Meskipun presentasi karya tulis bukan penilaian utama, namun bisa menggugurkan nilai yang tinggi jika tak bisa mempertanggungjawabkan karya tulisnya.

“Sebenarnya yang menjadi fokus penilaian adalah tulisannya. Tahapan presentasi ini hanya untuk menguji original tulisan tersebut. Jika memang dibuat sendiri, pastinya bisa dipresentasikan,” ungkap Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., Rektor Unsultra dalam pertemuan bersama panitia lomba, Rabu (10/10).

Lanjut dia, berdasarkan laporan yang diterima dari dewan juri, bahwa karya tulis yang masuk memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi sistematika penulisan maupun tema yang diulas. “Menurut juri, cara penulisan beberapa peserta sangat baik untuk ditingkatan ke tahap selanjutnya. Beberapa tulisan yang lolos pada tahap presentasi didominasi karya tulis siswa SMA. Jadi untuk sekelas anak SMA dengan cara menulis yang demikian sehingga bisa lolos pada tahap presentasi merupakan suatu prestasi tersendiri, baik dari siswa itu sendiri maupun bagi sekolahnya,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, pihaknya akan memberikan apresiasi khusus kepada sekolah yang telah berkontribusi besar dalam memberikan dukungan pada siswanya untuk mengikuti lomba karya tulis. “Lomba ini sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan minat menulis masyarakat, khususnya bagi para pelajar yang ada di Sultra,” katanya.

Menurutnya, saat ini minat baca dan menulis masyarakat Indonesia khususnya di Sultra masih sangat rendah, jadi pihaknya sengaja mengadakan lomba ini supaya masyarakat terdorong kembali minat baca dan menulisnya melalui karya tulis landmark Sultra. “Di Sultra itu yang namanya landmark seperti Bandara Halu Oleo, Tugu Religi, Rumah Sakit Bahteramas, Jembatan Bahteramas dan Masjid Al Alam dan masih banyak lagi. Ini kemudian yang menjadi salah satu referensi peserta dalam menulis karyanya. Kami akan menjadikan kalender tahunan lomba menulis ini dengan tetap menggandeng Kendari Pos,” paparnya.

Oleh karena itu, sambung Prof Bahrun, pihaknya mengangkat tema landmark Sultra, dengan tujuan masyarakat bisa menulis perkembangan Sulawesi Tenggara. “Karya tulis yang menjadi juara akan kami terbitkan dalam buku. Buku tersebut akan kami serahkan kepada Gubernur dan Wagub sekarang (Ali Mazi-Lukman Abunawas) serta Gubernur dan Wagub sebelumnya (Nur Alam-Saleh Lasata),” jelasnya.

Sebagai informasi, lomba karya tulis landmark Sultra ini melibatkan tiga juri, yaitu Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Arifuddin Mangka, Kepala UPT Bahasa Unsultra, Nicolaus Passasung dan Dosen Universitas Halu Oleo, Ahid Hidayat. Pemred Kendari Pos, Arifuddin Mangka mengungkapkan, sebagai pertanggungjawaban sosial, karya tulis yang menjadi jawara akan diterbitkan melalui kolom Opini Harian Kendari Pos. “Hanya untuk juara I, II, dan III. Langkah ini untuk memacu keinginan menulis masyarakat,” ujarnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top