Pariwara
Nasional

Hasil Survei BMKG Terbaru, Tinggi Tsunami Palu dan Donggala Capai 11,3 Meter

Jembatan Kuning di Palu yang dihempas Tsunami beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan data hasil survei yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) untuk mengetahui tinggi tsunami yang terjadi bersamaan dengan gempa 7,4 SR di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu. Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, gelombang tsunami tertinggi mencapai 11,3 meter di Desa Tondo, Palu Timur. Sedangkan gelombang tsunami terendah 2,2 meter di Mapaga, Donggala.

“Tentu saja dengan tinggi tsunami 2,2-11,3 meter dengan kekuatan yang cukup besar, dari laut terutama sekitar Teluk Palu menghantam pantai dan menerjang permukiman. Akhirnya menimbulkan kerusakan yang cukup masif di daerah pantai,” ujarnya dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/10).

Sementara itu, landaan terjauh dari pantai sampai ke daratan 468,4 meter dari pantai di kawasan Hotel Mercure, Lere, Palu Timur. “Jadi hampir setengah kilometer menghantam pantai. Nah, itu tidak sama sepanjang Teluk Palu antara tinggi tsunami landaan sampai ke daratan berbeda-beda tergantung dari topografi yang ada di Kota Palu, Donggala, dan sebagainya,” terangnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top