Pariwara
Nasional

Gubernur Sultra Dukung Pengembangan Budaya Lokal

GELAR KEHORMATAN: Gubernur Sultra, Ali Mazi (kedua dari kiri, duduk di kursi) dan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada (kiri) dianugerahi gelar adat oleh tokoh-tokoh adat Muna Barat. Ali Mazi bergelar Sangia Barakati, sedangkan LM Rajiun diberi gelar Sangia Mondolalo. Tampak bersama istri masing-masing sedang menjalani ritual adat di Rujab Bupati Mubar, Rabu (10/10). Foto: Humas Pemprov For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi sangat mendukung pengembangan budaya lokal. Menurutnya, hal itu bisa menjadi identitas masing-masing daerah. Untuk itu, suami Agista Ariyani ini mengimbau seluruh kabupaten/kota memperhatikan kearifan budaya lokalnya.

Hal itu disampaikan Ali Mazi saat malam ramah tamah dan penganugerahan gelar adat dan syukuran atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra yang di rangkaikan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-4 Muna Barat di Rujab Bupati Mubar, Selasa malam (9/10).

Dirinya sangat mengapresiasi. Sebab, para sesepuh dan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada menguak kembali budaya dan kearifan lokal yang hampir punah. “Ini patut dicontoh daerah lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ali Mazi dianugerahi gelar adat Sangia Barakati oleh tokoh-tokoh adat Muna Barat. Dalam bahasa Muna, Sangia diartikan sebagai pemimpin atau tokoh yang punya kelebihan. Sementara, kata Barakati artinya diberkahi (diberkati). Gelar adat ini diberikan oleh tokoh tokoh adat Muna Barat, Selasa malam 9 Oktober 2018.

Tak hanya Ali Mazi, LM Rajiun Tumada juga mendapatkan gelar kehormatan adat Muna. Dia kini bergelar Sangia Mondolalo. Sangia artinya pemimpin yang memiliki kelebihan, sedangkan Mondolalo mengandung makna pemimpin yang punya jiwa ksatria dan ketangguhan hati.

Mantan Ketua NasDem Sultra mengaku bahagia bisa mendapatkan gelar adat tersebut. “Ini apresiasi luar biasa. Terima kasih,” ujarnya.

Kebanggaan serupa juga disampakan LM Rajiun Tumada. Bupati Mubar ini mengaku tidak menyangkan bisa mendapatkan kehormatan dengan gelar Sangia Mondolalo. “Terima kasih atas gelar ini. Hal ini menunjukkan kalau masyarakat dan tokoh adat Mubar sangat sayang dengan bupatinya,” ungkapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top