Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Urai Kemacetan di Kendari, Dishub Usul Tambah Jalur

KENDARIPOS.CO.ID — Volume pertumbuhan kendaraan di Kota Kendari bisa jadi tidak berbanding lurus dengan dimensi jalan yang tersedia. Akibatnya, pada waktu dan jalur tertentu kemacetan sering terjadi. Meski macetnya tidak padat merayap. Namun Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari sudah punya prediksi kemacetan tinggi bakal terjadi lima tahun ke depan.

Nah, sebelum kemacetan kian parah, Dishub Kota Kendari menggagas akan menambah jalur jalan baru. Dishub mencatat pertumbuhan kendaraan di Kota Kendari berada pada tren lima hingga tujuh persen. Kepala Dishub Kota Kendari, Muh.Ali Aksa mengatakan pertumbuhan itu juga memicu kemacetan pada beberapa titik di Kota Kendari. Misalnya jalur Pasar Sentra Wua-wua, Bundaran Mandonga, Jembatan Triping dan

pusat perbelanjaan dan bundaran depan Rumah Sakit Kota Kendari. “Kita bisa mengamati saat ini lintasan hampir di setiap bypass mengalami kemacetan,” ujar Muh.Ali Aksa saat ditemui, Selasa (9/10).

Kata dia, Lintasan Harian Rata-rata (LHR) pengguna jalur lalulintas sekira 4 detik per 1 unit kendaraan yang melintas. Dan lima tahun ke depan jumlah pengguna LHR mencapai 1 detik per 4 kendaraan yang akan melintas. “Lima tahun ke depan Kota Kendari, mengalami kemacetan drastis. Itu dilihat dari jumlah volume kendaraan tiap tahunnya meningkat,” tutur Muh.Ali Aksa.

Guna mengurai potensi kemacetan drastis lima tahun ke depan, Muh.Ali Aksa mengusulkan agar dilakukan pembukaan jalur jalan baru. Jalur jalan baru sudah masuk dalam planning, diantaranya akses jalan dari Rujab Wakil Wali Kota Kendari yang terhubung dengan Taman Kali Kadia, dan membuka akses jalan yang akan menghubungkan kampus baru UHO. “Rencana peningkatan jalan tersebut telah disetujui oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari dan telah diusulkan ke DPRD Kota. Dalam jangka lima tahun, dua tahun sudah bisa berjalan,” tutup Muh Ali Aksa. (rud/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top