Pariwara
Hukum & Kriminal

Terdakwa Dugaan Korupsi di Bombana Kembalikan Duit Rp 250 Juta

DUIT : Terdakwa dugaan korupsi, Suri (tengah, kemeja warna putih) saat diperiksa oleh jaksa Kejari Bombana. Suri diketahui telah mengembalikan duit negara sekira Rp 250 juta.

KENDARIPOS.CO.ID — Perkara dugaan korupsi pembangunan terminal Rumbia tahun anggaran 2016 yang diusut Kejaksaan Negeri (Kejari) Bombana masih berjalan. Bahkan sudah masuk di ranah pengadilan. Terdakwa dugaan korupsi, Syamsuri dan Aprianto kini menjadi pesakitan. Syamsuri atau Suri sebagai kontraktor pada pekerjaan terminal Dinas Perhubungan. Dalam perjalanannya, proyek terminal Rumbia itu bermasalah. Bahkan, terdakwa Syamsuri mengembalikan kerugian negara sekira Rp 250 juta ke Kejari Bombana.

Pengembalian duit negara itu tidak serta merta menggugurkan perkara hukum yang membelitnya. Syamsuri tetap saja menjadi pesakitan di hadapan majelis hakim. “Meski terdakwa Syamsuri atau Suri telah mengembalikan kerugian negara, tidak akan mengurangi atau menghentikan proses hukum sesuai dengan Pasal 4 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yaitu pengembalian kerugian negara tak menghapus proses hukum. Undang-undang jelas menyebutkan, pengembalian kerugian negara itu hanya menunjukkan itikad baik terdakwa saja, tidak lebih,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Bombana, Bustanil N Arifin, SH, Selasa (9/10)

Mantan jaksa di Kejari Konawe itu menjelaskan terdakwa Suri saat menggarap terminal Rumbi berbekal perusahaan pinjaman yang berbendara PT Raihan Anoa Bangunindo (RAB) milik terdakwa Aprianto, sebagai direktur PT RAB. “Proyek yang dikerjakan tidak sesuai bestek sementara anggaran pembangunan sudah habis,” ungkap Bustanil N Arifin. Bustanil punya keyakinan fakta-fakta persidangan nanti berpotensi memunculkan calon tersangka dalam perkara dugaan korupsi pembangunan terminal. “Dari penyelidikan kami bukan hanya dua orang ini. Bakal ada tersangka baru nanti. Soal siapa dan berapa orang, nanti fakta persidangan yang menjawab,” tegasnya. (kmr/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top