Pariwara
Kolaka Timur

Perda OPD Koltim Diterapkan 2019

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Perubahan atas peraturan daerah (Perda) nomor 21 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sedang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) ke DPRD. Badan Legislasi Daerah (Balegda) saat ini telah merampungkan draf tersebut. “Raperda ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Koltim,” papar, Ramli Madjid, Ketua Balegda Koltim, Selasa (9/10).

Ia mengaku, draf tersebut telah dikonsultasikan ke Biro Hukum Pemprov Sultra. “Kita usahakan bulan ini bisa ditetapkan. Insya Allah, penerapan Perda perubahan OPD dilakukan tahun 2019 mendatang,” katanya. Ia mengungkapkan, salah satu OPD yang berpotensi dipisah antara lain Dinas Pertanian merubah menjadi Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan. Sementara Dinas Perkebunan dan Hortikultura berdiri sendiri menjadi satu OPD, termasuk Dinas Pol PP dan Kebakaran. Damkar pindah ke BPBD. Juga perubahan status peningkatan status DPMD dari tipe C ke A. “Mengikuti nomenklatur dan menggampangkan jalur koordinasi,” sambung Ramli Madjid.

Sementara itu Kabag Ortala Pemkab Koltim, Irwan, membenarkan, Pemkab telah mengusulkan pada DPRD untuk perubahan nomenklatur OPD dimaksud. Termasuk Badan Keuangan Daerah (BKD) berubah menjadi Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD). “Ini sesuai Permendagri tahun 2017. Setelah selesai maka akan berlaku Januari 2019, termasuk penganggarannya,” tandas Irwan. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top