Pariwara
Nasional

Mendikbud: 112 Ribu Guru Honorer Diangkat Jadi PNS

Ilustrasi Guru

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya berusaha keras menuntaskan persoalan guru honorer yang belum diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Saat ini terdapat 736 ribu guru honorer yang belum diangkat menjadi CPNS.

Muhadjir mengaku sudah membicarakan soal guru honorer dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Tujuannya agar jumlah guru honorer yang diangkat menjadi CPNS lebih banyak.

“Maka, mulai tahun ini ada 112 ribu guru yang diangkat lewat jalur CPNS,” kata Muhadjir saat menjadi pembicara seminar “Kebijakan Penuntasan Guru Honorer K2” yang digelar Poksi X Fraksi Partai Golkar di DPR, Selasa (9/10).

Muhadjir menjelaskan, Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengatur pembatasan usia CPNS maksimal 35 tahun. Padahal, kata dia, banyak guru honorer yang sudah berusia 35 tahun ke atas. “Ini menjadi masalah,” katanya.

Namun, kata tokoh Muhammadiyah itu, masih ada celah untuk mengangkat guru honorer yang sudah tidak memenuhi berdasar syarat usia. Yakni melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top